Survei Calon Gubernur Riau VOXinstitute, Jika Pecah Kongsi, Edy Natar Berpeluang Menang di Pilgubri

VOXindonesia merilis survey calon di Pilgubri 2024 (net)

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Sejatinya, Pemilihan Gubernur Riau (Pilgubri) masih lama, tahun 2024. Namun jika Pilgubri berlangsung hari ini, tiga nama berpeluang besar menang.

Ke tiga nama itu, incumbent Samsuar, Gubernur Riau, Edy Natar Nasution, Wakil Gubernur Riau dan Syamsurizal, Anggota DPR RI yang juga Ketua DPW PPP Riau.

Demikian hasil survey yang dilakukan Lembaga Riset VOXinstitute Riau. Hasil survey yang dilakukan bulan Juni 2022 itu dipublish, Senin, 1 Agustus 2022.

Menurut Direktur Riset VOXinstitute Albion Zikra, persaingan Pilgubri nanti bakal ketat. Posisi Samsuar sebagai incumbent tidak aman. Pasalnya, tingkat elektabilitasnya hanya 24,0 persen.

“Ini posisi yang rawan bagi seorang inkumben,” kata Albion kepada lamanriau, Senin, 1 Juli 2022.

Di sini dia melihat posisi Edy Natar Nasution bakal jadi batu sandungan Samsuar. Jika pasangan ini pecah kongsi di Pilgubri nanti, peluang Edy sangat tinggi untuk jadi Gubernur Riau.

Hasil survey elektabilitas, Edy Natar mendapat 15,2 persen, di atas Syamsurizal yang meraih 12,2 persen.

Dengan tingkat margin eror plus minus 3,5 persen, posisi Samsuar belum aman.

Nama lain yang muncul dengan elektabilitas di bawah 10 persen, Alfedri (Bupati Siak) 9,2 persen, Achmad (anggota DPR RI) 8,8 persen dan HM Wardan (7, 8) persen.

Nama-nama yang hanya memiliki elektabilitas dibawah 5 persen, adalah Yulisman (Ketua DPRD Riau), Abdul Wahid (anggota DPR RI), Muhammad Adil (Bupati Meranti), Zukri (Bupati Pelalawan), HM Haris (mantan Bupati Pelalawan) dan Gatot Eddy Pramono (Wakapolri).

Direktur Eksekutif VOXindonesia, Fendri Jswir menyebutkan, survei dilakukan dengan wawancara terhadap responden terpilih.

Responden yang diwawancarai berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah, bukan TNI/Polri dan penduduk Riau. Berdomisili di salah satu kabupaten/kota di Provinsi Riau.

Samsuar Kuasai 6 Wilayah, Edy Natar Kuasai Pemilih Etnis Batak

Berdasarkan hasil survei ‘VOXinstitute’, Syamsuar menguasai pemilih di enam kabupaten/kota yakni Pekanbaru, Kampar, Rohil, Pelalawan, Kuansing dan Dumai. Sedangkan di Rohul, kekuatan Syamsuar sama dengan Edy Natar dan di Meranti sama dengan Syamsurizal.

Wagub Riau Edy Natar didukung kuat di Inhu dan di kampung halamannya di Rohul.

Sementara Syamsurizal di Bengkalis dan Meranti. Alfedri di Siak, Wardan di Inhil dan Achmad merata dukungan di semua daerah.

Dari segi dukungan etnis, Syamsuar didukung warga Riau bersuku Melayu, Minangkabau dan sebagian Sunda.

Achmad didukung oleh warga Riau asal Sunda. Edy Natar didukung warga Riau bersuku Batak, dan Alfedri didukung warga Riau bersuku Jawa.

Dari dukungan parpol, Syamsuar didukung pemilih Partai Golkar, Gerindra, PKS, Partai Ummat dan Perindo.

Sedangkan Edy Natar didukung pemilih Pastai Nasdem, Hanura, Berkarya, Gelora dan PKPI.

Syamsurizal oleh pemilih PPP. Alfedri didukung pemilih PAN dan Partai Ummat. Achmad didukung pemilih Demokrat dan PBB.

Selanjutnya Abdul Wahid didukung pemilih PKB.  Zukri didukung pemilih PDIP.

Redaktur: Denni Risman