Kampus  

Camat Rengat Barat Sambut KKN Mahasiswa UIN Suska Riau

Penyerahan mahasiswa KKN UIN Suska Riau di Kecamatan Rengat Barat, Kabupaten Indragiri Hulu.

LAMANRIAU.COM, RENGAT – Camat Rengat Barat menerima kedatangan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim (Suska) Riau angkatan 46 tahun 2022.

Acara serah terima mahasiswa berlangsung di Aula Kantor Camat Kecamatan Rengat Barat, Selasa 2 Juli 2022 kemarin.

Dalam sambutannya, Camat Rengat Barat diwakili Sekcam Lisnar Manaf, S.Km, M.PH menyampaikan ucapan selamat datang kepada rombongan mahasiswa KKN UIN Suska Riau Angkatan 46 tahun 2022.

Ia berpesan kepada mahasiswa KKN UIN Suska Riau agar menjaga etika yang dilandasi kearifan lokal setempat dan bisa beradaptasi dengan masyarakat tempat lokasi KKN.

“Dalam pelaksanaannya nanti,  adik-adik mahasiswa dapat mengedepankan norma-norma adat istiadat, budaya yang berlaku di masyarakat, agar proses pelaksanaan KKN bisa diterima masyarakat sehingga tujuannya bisa tercapai,” pesan Sekretaris Camat.

Ia meminta mahasiswa KKN membuat prestasi dan tingkatkan SDA serta SDM, tinggalkan pengaruh yang baik bagi masyarakat setempat.

Ditambahkan Sekcam, melalui KKN ini adik-adik mahasiswa dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar, bisa bekerjasama dengan masyarakat sehingga kegiatan KKN ini berjalan dengan lancar yang bernilai positif.

Koordinator Mahasiswa KKN Tri Kurniawan menyampaikan, tujuan pihaknya melaksanakan program KKN dari kampus, oleh karena itu pihaknya mohon dukungan dan arahan dari pemerintah kecamatan dan juga pemerintah desa tempat mereka melaksanakan KKN.

“Harapan kami bisa bekerja sama dengan pemerintah serta masyarakat setempat sehingga program KKN kami terlaksana dengan baik dan sukses,” ujar Tri.

Kegiatan KKN UIN Suska Riau yang akan berlangsung selama 2 bulan (Juli -Agustus 2022) menurut Tri Kurniawan  bertemakan : Kuliah Kerja Nyata (KKN) Berbasis Kearifan Lokal Ditinjau dari Sejarah, Budaya dan Adat Istiadat.

Sementara Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Dr. Rodi Wahyudi, S.Sos, M.Sos.Sc dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada Camat Rengat Barat diwakili Sekcam dan jajarannya serta Kepala Desa setempat dan masyarakat atas kesediaan menerima mahasiswa  KKN UIN Suska Riau untuk melaksanakan program kerja tersebut. 

“Melalui program ini kami serahkan dan titipkan 65 mahasiswa KKN tentunya kami mengharapkan arahan dan nasehat dari pemerintahan setempat terutama kepada camat dan kepala desa serta tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dan lapisan masyarakat di tempat KKN. Semoga bisa berklaborasi dalam mensukseskan program KKN tersebut,”  ujarnya.

Pada kesempatan itu Dr Rodi Wahyudi selaku Dosen pembimbing lapangan menyerahkan mahasiswa KKN kepada Sekcam Lisnar Manaf untuk dipasangkan tanda peserta mahasiswa KKN 2022 secara simbolis.

” KKN diharapkan bisa memberikan sumbangsih yang sesuai dengan kapasitas keilmuan sebagai intelektual muda. Kuliah Kerja Nyata bertujuan untuk memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa bagaimana menyikapi dinamika sosial kemasyarakatan yang ada, pengabdian kepada masyarakat memberikan masukan dan saran serta pengalaman yang baru dalam meningkatkan pemberdayaan desa, dan mengembangkan serta meningkatkan pemberdayaan masyarkat,” tambah Rodi Wahyudi.

Pelaksanaan KKN UIN Suska Riau ini akan dimulai dari tanggal 2 Juli 2022 sampai dengan tanggal 31 Agustus 2022 dan ditempatkan pada lima desa di Kecamatan Rengat Barat yakni Desa Pematang Jaya, Desa Bukit Petaling, Desa Tani Makmur, Desa Danau Tiga dan Desa Tanah Datar. ***

Editor: Fahrul Rozi/Penulis Asrul Hadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.