Camat Rumbai Barat Hadiri Sosiaisasi dan Pelatihan Budidaya Tanaman Porang di Kelurahan Muara Fajar

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Camat Rumbai Barat Indah Vidya Astuti menghadiri sosialisasi dan pelatihan budidaya tanaman Porang di Kelurahan Muara Fajar. Sosialisasi dilaksanakan di aula Kantor Kelurahan pada Jumat 12 Agustus 2022.

Camat Rumbai Barat, Indah Vidya Astuti mengatakan, banyaknya lahan kosong di wilayah Kecamatan Rumbai Barat bisa dimanfaat masyarakat untuk budidaya tanaman porang. Sebagaimana diketahui, wilayah Rumbai sangat berpotensi menjadi salah satu sentra penanaman porang, karena itulah pihaknya memperkenalkan tanaman ini kepada masyarakat dengan harapan memberikan manfaat dan peluang bagi masyarakat.

“Hari ini masyarakat perlu melakukan inovasi dan mencari peluang bagaimana memanfaatkan lahan yang ada, menjadi satu lahan yang bermanfaat sehingga bisa mendongkrak perekonomian yang sedang lesu,” harapnya.

Disampaikannya, tanaman porang di Pekanbaru belum begitu dikenal, namun sudah banyak petani yang mencoba menanam bibit porang ini, meski ditanam dengan menggunakan bibit dalam polibeg di lahan terbuka. Tanaman porang saat ini sebenarnya berasal dari hutan, dan memang belum banyak yang menjadikannya sebagai tanaman budidaya.

Porang ini adalah tanaman umbi-umbian dari spesies Amorphophallus muelleri. Porang dikenal juga dengan nama iles-iles. Di sisi lain porang juga dikenal sebagai tanaman coblok dengan nama latin Amorphophallus muelleri Bl. Tanaman umbi-umbian ini dapat dikonsumsi dan aman untuk manusia, serta bisa menjadi tepung.

Tentunya porang memiliki banyak manfaat. Disampaikannya, porang mengandung karbohidrat, lemak, protein mineral, vitamin, serat pangan, kristal kalsium oksalat dan alkaloid.

“Porang banyak digunakan sebagai bahan baku tepung, penjernih air, kosmetik, pembuatan lem dan jelly yang beberapa tahun terakhir diekspor ke negeri Jepang,” bebernya.

Sebagaimana diketahui, salah satu kandungan terbesar di dalam porang adalah glukomanan yang merupakan serat alami dan larut dalam air. Glukomanan biasa digunakan sebagai emulsifier dan pengental pada bahan makanan.

Biasanya porang dimanfaatkan untuk membuat konyaku dan mie shirataki yang terkenal di Cina, Jepang, dan Taiwan. Manfaat tanaman porang lainnya ternyata bisa membantu untuk menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan. (Adv)