Zulhas Kaget, Baja Abal-abal Warnai Pasar Baja Nasional

LAMANRIAU.COM, JAKARTA – Menteri perdagangan Zulkifli Hasan mengaku prihatin dengan masih maraknya ditemukan barang- barang ilegal yang masuk ke Indonesia. Yang  memprihatinkan  barang- barang ilegal yang masul ke Indonesia bukanya hanya sebatas pakaian ilegal tetapi ada juga baja ilegal yang jumlahnya cukup besar.

Dia mengatakan  sebagai negara kepulauan Indonesia terlalu banyak terdapat jalur tikus yang membuat barang impor ilegal masuk dengan mudah ke Tanah Air. Tidak main-main, barang ilegal itu masuk tersebut bukan main- main jumlahnya cukup signifikan. 

Saking banyaknya, Zulhas menggambarkan jumlah barang ilegal itu bisa ditampung di satu lapangan bola. Barang itu adalah baja yang tidak memenuhi persyaratan mutu Standar Nasional Indonesia (SNI).

“Saya jadi Menteri Perdagangan sudah 60 hari, saking bebasnya jadi tertawa juga. Ada misalnya kejadian tidak resmi, kalau tidak resmi itu bukan satu kontainer saya masih maklum. Ini satu lapangan bola barang bisa masuk nggak sah. Satu lapangan bola nggak sesuai, ada juga,” kata Zulhas di Gedung Sarinah, Thamrin, Jakarta Pusat, Senin, 15 Agustus 2022.

Lebih lanjut pria yang akrab dipanggil Zulhas  tersebut menyebutkan kalau pakaian palsu masih mending, ini baja bisa palsu juga. Luar biasa dan palsunya bukan sedikit, satu lapangan bola,” terang Zulhas.

Di bawah kepemimpinannya, kata Zulhas, pihaknya akan membenahi alur masuk perdagangan secara perlahan. Dia mengakui hal ini tidak mudah saking Indonesia banyak jalur tikusnya.

“Jadi kita itu nggak diatur, diatur, memang sudah banjir (barang ilegal). Tambah tahu, tambah stress juga kadang-kadang. Itu lah yang pelan-pelan coba kita tata. Begitu juga pakaian, surat 1.000, masuk 10.000, bisa begitu,” tutur Zulhas.***

Editor: Zulfilmani/ sumber detik.com

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *