BBKSDA Riau Lacak Jejak Harimau yang Terkam Karyawan di Pelalawan

BBKSDA Riau lacak keberadaam hrimau yang terkam pekerja di Pelalawan (net)

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Seha Sopian (44), karyawan PT Peranap Timber ditemukan tewas diterkam harimau.

Jasad wanita itu ditemukan perbatasan Desa Teluk Lanus-Serapung, Kecamatan Kuala Kampar, Kabupaten Pelalawan, Riau, pada hari Jum’at, 19 Agustus 2022.

Ketika mendapat laporan itu, Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Sabtu, 20 Agustus, sudah menurunkan tim ke lokasi.

“Tim melakukan pengumpulan informasi dan pemasangan camera trap untuk mengidentifikasi individu harimau sumatera tersebut. Tim menuju lokasi kejadian dan mendapati posisi barak berseberangan dengan kanal tempat penumpukan hasil panen akasia,” kata Kepala BBKSDA Riau Genman S. Hasibuan, Senin, 22 Agustus 2022.

BBKSDA, sebutnya, juga telah melakukan koordinasi dengan aparat pemerintah daerah, Kepolisian dan pihak terkait setempat.

Diutarakan, saat kejadian, barak tersebut baru ditempati sekitar 4 malam oleh kelompok pekerja termasuk korban. Total jumlah pekerja yang menempati barak sebanyak 15 orang.

“Diketahui barak  tidak di tempati selama 4 tahun terakhir. Dari jejak dan kotoran harimau sumatera, si belang sudah sering melintasi areal sekitar barak,” ucapnya seperti dilansir antara, Senin, 22 Agustus 2022.

Genman memberikan pemahaman kepada masyarakat agar tidak beraktivitas sementara di sekitar lokasi harimau.

Penelusuran BBKSDA, lokasi kejadian merupakan daerah jelajah harimau.

Untuk itu, Genman minta para pekerja  tidak beraktifitas saat petang maupun sebelum pagi hari. Di waktu tersebut, menurut dia, harimau sumatera sedang melakukan aktifitasnya.

Sampai saat ini, petugas BBKSDA Riau terus melakukan patroli di lokasi kejadian.

Redaktur: Denni Risman 

 

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews