Pesawat Tempur TNI AU, Hawk 100/200 Tergelincir di Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru

pesawat tempur hawk
Beginilah kondisi pesawat Hawk 100/200 yang tergelincir di Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru (net)

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Sebuah pesawat tempur milik TNI Angkatan Udara (AU) tergelincir di runway Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Riau. Peristiwa itu terjadi pada Senin, 22 Agustus 2022.

Pesawat tempur yang mengalami insiden itu berasal dari Skadron Udara 12 Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru. Pesawat berjenis Hawk 100/200 itu mengalami kecelakaan dan tergelincir saat menjalani latihan rutin.

Insiden tergelincirnya pesawat tempur itu di benarkan oleh Kepala Penerangan Lanud Roesmin Nurjadin, Letkol Sus M Zukri. Menurutnya, pesawat jenis Hawk itu kecelakaan setelah mengalami pecah ban di sekitar bagian kiri belakang.

“Benar, pesawat di Skadron Udara 12 Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru mengalami pecah ban bagian kiri belakang,” ungkap Letkol Sus M Zukri, dikutip Selasa, 23 Agustus 2022.

Berdasarkan informasi yang di peroleh, kecelakaan pesawat jenis Hawk itu terjadi saat take off, dari runway 36 menuju runway 18. Karena ban pecah, pesawat tergelincir keluar dari runway.

“Pesawat akan take off. Kejadian sekitar pukul 11.00 WIB,” terang Zukri.

Terkait peristiwa tergelincirnya pesawat tersebut, pihak TNI Angkatan Udara sendiri di sebut telah melakukan investigasi. Zukri memastikan, setelah kejadian, tim telah langsung turun ke lokasi.

Mengenai kondisi pilot, lanjut Zukri, saat ini dalam kondisi yang baik. Pilot tersebut tengah menjalani pemeriksaan kesehatan secara intensif di Rumah Sakit Angkatan Udara dr Sukirman Lanud Roesmin Nurjadin.

“Saat ini, kondisi pilot dalam kondisi baik, dan sedang menjalani pemeriksaan kesehatan di RSAU dr Sukirman Lanud Roesmin Nurjadin,” kata Zukri.

Zukri menegaskan, insiden tersebut tidak mengganggu, khususnya jadwal penerbangan di bandara Sultan Syarif Kasim II. Penerbangan di bandara tetap bisa berjalan dengan lancar sebagaimana biasanya.

Redaktur: Denni Risman

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews