Tolak Rencana Kenaikan BBM, Aksi HMI di DPR Nyaris Ricuh

LAMANRIAU.COM, JAKARTA- Aksi massa Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) di depan Gedung DPR RI Senin 29 Agustus 2022, sempat memanas. Massa aksi melempar botol air minum ke arah dalam gedung DPR.

Aksi lempar botol minuman itu mulai terjadi sekitar pukul 16.38 WIB. Massa melempar botol minuman ke dalam gedung seraya meminta masuk ke area dalam gedung.

“Buka, buka!” kata peserta aksi seraya memukul-mukul gerbang gedung DPR.

Selain melempar botol minuman, beberapa peserta aksi lainnya memukul gerbang depan gedung DPR dengan bambu yang mereka bawa. Mereka meminta diberi akses masuk.

Sementara iru, orator di atas mobil komando mengingatkan agar para peserta aksi bersikap tertib. Orator menyebut aksi HMI hari ini merupakan aksi damai.

“Ingat, kawan-kawan, aksi kita hari ini aksi damai. Besok, lusa, kita masih akan melakukan aksi,” jelas orator.

Namun seruan orator itu tidak menyurutkan kegiatan para peserta aksi. Beberapa orang masih melempar botol minuman dan memukul gerbang gedung DPR dengan bambu.

Sebanyak 4 orang demonstran diamankan petugas buntut dari gesekan yang terjadi antara demonstran dan pihak kepolisian, di depan Gedung DPR RI.

Kapolres Metro Jakrta Pusat, Kombes Pol Komarudin, mengatakan mereka diamankan lantaran berlebihan merespon bentrokan tersebut.

“Ya kita pisahkan dari rombongan, karena mereka itu terlalu reaktif,” kata Komarudin saat ditemui di pelataran Gedung DPR RI.

Komarudin mengatakan pemisahan itu dilanjutkan agar rekan-rekan massa lainnya tidak terpancing emosi dan berbuat reaktif.***

Editor: zulfilmani

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *