Riau  

Kemendikbud Sampaikan Terima Kasih Pada Gubri atas Kontribusi Pelaksanaan GBN 2022

Para peserta paduan suara Gita Bahana Nusantara perwakilan dari Riau.

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Direktur Jendral Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Hilmar Farid menyampaikan ucapan terimakasih kepada Gubernur Riau atas dukungan dan keikutsertaan Provinsi Riau dalam penyelenggaraan audisi paduan suara Gita Bahana Nusantara hinga terpilih untuk mengikuti pemusatan latihan di Depok Jawa Barat pada 6 hingga 8 Agustus 2022 yang lalu.

“Besar harapan kami kerja sama ini dapat terus berlanjut agar GBN dapat selalu hadir sebagai wadah positif bagi pengembangan karakter dan peningakatan kreatifitas generasi muda,” ucap Hilmar Farid, Rabu 31 Agustus 2022.

Untuk diketahui, kegiatan pergelaran paduan suara dan orkestra Gita Bahana Nusantara (GBN) 2022 yang melibatkan 131 paduan suara yang terdiri dari putra putri terbaik utusan dari 34 provinsi serta 68 pemusik dari berbagai daerah telah selesai dilaksanakan dengan sukses dan mendapat apresiasi dari berbagai pihak.

Paduan suara dan orkestra GBN 2022 telah menjadi bagian dari acara-acara kenegaraan yakni sidang tahunan dan pidato kenegaraan di Gedung MPR/DPR, upacara peringatan HUT ke-77 Republik Indonesia di Istana Merdeka, serta peringatan Hari Konstitusi di Gedung DPR/MPR.

Pihaknya juga mengungkapkan, pada Tahun 2023 mendatang Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi akan kembali menyelenggarakan pergelaran GBN dalam acara-acara kenegaraan.

“Untuk itu, kami mohon perkenan seluruh Gubernur agar dapat berpartipasi dan kembali memberikan dukungannya dalam penyelenggaraan program GBN 2023,” ajaknya.

Sebagai informasi, peserta audisi paduan suara Gita Bahana Nusantara dari Provinsi Riau yang terpilih yaitu Tiara Hanum berasal dari Universitas Islam Riau dengan Kategori Suara Sopran, Zoar Levi Panjaitan berasal dari SMAB 1 Tualang Kabupaten Siak dengan Kategori Suara Tenor.

Kemudian Jovanka Paricia Efaprasta berasal dari SMA Cendana Mandau yang saat ini sedang berkuliah di Universitas Gajah Mada dengan Kategori Suara Alto dan Steven Emanue Angelo berasal dari SMAN 8 Pekanbaru yang saat ini sedang berkuliah di Institut Seni Indonesia dengan Kategori Suara Bass, serta Diky Pratama dengan posisi Cello dan Anugrah Febrian posisi Biola.

Semetara itu, Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Riau Raja Yoserizal Zen mengatakan, peserta padus tersebut terdiri dari vokalis dan pemusik terbaik perwakilan dari 34 provinsi di Indonesia yang dipilih melalui kegiatan audisi setiap tahunnya.

“Mereka yang diutus adalah hasil seleksi dari daerah, dimana 4 orang berdasarkan jenis suara yang dinyatakan menduduki juara I menjadi wakil Riau ke tingkat Nasional. Mereka tampil di Istana Negara dan pada Sidang MPR RI,” kata Raja Yoserizal Zen.

Ia juga menjelaskan para perwakilan ini dilatih oleh orang orang hebat seperti Purwa Cakara.

“Dilatih oleh orang-orang hebat seperti Purwa Cakara. Seluruh peserta Audisi Gita Bahana Nusantara tiap provinsi mengikuti pemusatan latihan dan bergabung dengan Orkestra paduan suara Jakarta selama 14 hari di Wisma Kinarsih Depok,” jelasnya. ***

Editor: Fahrul Rozi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.