Riau  

Syekh Sa’ad dari Yaman Jadi Pengajar Ilmu Alquran di Riau, Gubri: Mari Kita Manfaatkan dengan Baik

Gubernur Riau Syamsuar menghadirkan Syekh Sa'ad Bin Yaslam Bin Sa'ad Khanbari dari Yaman dalam kegiatan Motivasi Alquran di Balai Serindit Gedung Daerah Riau.

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Gubernur Riau (Gubri) H Syamsuar menyampaikan bahwa Syekh Sa’ad Bin Yaslam Bin Sa’ad Khanbari dari Yaman akan menjadi tenaga pengajar Ilmu Alquran di Provinsi Riau.

Untuk itu ia mengharapkan, kehadiran syekh tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik untuk belajar bersungguh-sungguh dalam menuntut Ilmu Alquran, sehingga banyak anak Riau menjadi penghafal Alquran.

Di samping itu, Gubri juga mengharapkan para ulama yang ada Riau dapat berbagi ilmu dengan Syekh Sa’ad dalam mengembangkan ilmu agama.

“Tentunya kami mengucapkan terima kasih kepada Tuan Guru, Alhamdulillah beliau (Syekh Sa’ad) ini berkenan berada di Riau selama 1 tahun,” ucapnya, dalam kegiatan motivasi Qur’ani di Gedung Daerah Balai Serindit, Pekanbaru, Sabtu 10 September 2022.

“Mudah-mudahan kehadiran beliau ini bisa menambah ilmu kita yang ada di sini dan menambahkan keberkahan Bumi Melayu yang kita cintai,” katanya.

Syamsuar menambahkan, bagi anak-anak Riau yang sudah hafal Al-Quran dan ingin belajar lebih lanjut dengan Syekh, bisa langsung mendaftarkan diri dalam pembelajaran Qur’an di bawah bimbingan Syekh Sa’ad.

Sebut Gubri, sudah ada contoh didikan Syekh Sa’ad yang luar biasa ilmunya dalam menghafal Al-Qur’an, yaitu Endri Ahmed seorang anak 14 tahun hafiz Quran 30 juz asal Ternate.

Bahkan dalam kegiatan motivasi Qur’ani yang diselenggarakan Pemprov Riau, Endri bisa menyelesaikan tantangan dari Gubernur Riau, Wakil Gubernur Riau serta tamu undangan lainnya, untuk menyebutkan nama surat yang dibacakan, ayat ke berapa, surah apa, halaman berapa, sambung ayat, mengartikan ayat Alquran dengan sempurna.

“Saya tersentuh begitu besar minat orang Riau ini hafal Alquran. Mudah-mudahan ini jadi motivasi anak Riau atas kehadiran Enri anak Ternate (murid Syekh Sa’ad) ke Riau,” ujar Syamsuar lagi.

Untuk diketahui, Syekh Sa’ad merupakan lulusan S2 Qiraat dan Ilmu Al-Qur’an Fakultas Al-Qur’an dan Sunnah Universitas Sultan Zainal Abidin tahun 2019.

Syekh Sa’ad juga merupakan anggota resmi para penghafal Alquran yang berijazah qiraat 10 yaitu al qiraat al-‘Asyr dari lembaga internasional tafsiran Quran kerajaan Arab Saudi.

Memiliki sertifikat 10 qiraat AlQuran dalam skala kecil dan besar yang tersambung dengan rasul serta pemegang sanad AlQuran salah satu yang tertinggi di dunia, guru ilmu tajwid AlQuran dan qiraat selama lebih dari 18 tahun di berbagai negara di dunia, serta lainnya.

Jika tak ada aral melintang, gelombang pertama pembelajaran Alquran di bawah bimbingan Syekh Sa’ad akan dimulai pada Oktober mendatang.

Ini juga berkat bantuan dari ulama besar asal Riau, Dr Mustafa Umar. Bagi anak-anak Riau yang berminat belajar Alquran, dipersilahkan untuk mendaftarkan diri.

Fasilitasi terhadap Syekh Sa’ad ini terwujud berkat kerjasama yang baik antara Pemprov Riau dengan Tafaqquh pimpinan Dr Mustafa Umar dan LPTQ Provinsi Riau. ***

Editor: Fahrul Rozi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.