Kelompok Desorden Klaim Bobol Data Pertamina

LAMANRIAU.COM, JAKARTA- Kepiawaian hali IT di Indonesia sepertinya lagi diuji.  Kali ini hacker kembali membobol data penting lembaga yang seharusnya sistem pengaman yang mumpuni. Hacker yang menamakan kelompoknya Desorden mengaku telah meretas data Pertamina.

Kelompok ini membagikan data tersebut di Breach forum pada Sabtu 16 September 2022. Usai membagikan data itu, Desorden meninggalkan pesan.

We take responsibilities for the hack and data breach of PT Sigma Cipta Utama, the sole subsidiary in charge of Data Management in Elnusa Group, subsidiary of Pertamina Indonesia, a state-owned company of Indonesia government.”

(Kami bertanggung jawab atas peretasan dan pembobolan data PT Sigma Cipta Utama, satu-satunya anak perusahaan yang bertanggung jawab atas Manajemen Data di Elnusa Group, anak perusahaan Pertamina Indonesia, perusahaan negara milik pemerintah.)

This data breach involved 1.6 GB of databases and source coding, little because we are too lazy to transfer the rest of hundreds of GBs out of its network.”

(Data yang dibobol ini berukuran 1,6 GB beserta kode sumbernya, sedikit, karena kami terlalu malas untuk mentransfer sisa ratusan GB dari jaringannya.)

Dikutip dari KOMPAS TV, data yang diretas oleh Desorden merupakan data pribadi karyawan, mencakup nomor ID pegawai, nama, inisial, tempat/tanggal lahir, pendidikan, jurusan, dan status pernikahan, serta agama.

Selain itu, ada pula jenis kelamin, alamat, golongan darah, hobi dan prestasi, bahkan informasi detail terkait pribadi masing-masing.

Hingga kini, pihak Pertamina belum mengeluarkan pernyataan terkait aksi peretasan itu.

Sebelumnya, minggu lalu hacker Bjorka sempat mengancam akan membagikan data MyPertamina. Namun, hingga kini hacker buron itu masih belum melakukannya. ***

Editor: zulfilmani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.