Manfaat Cuci Muka dengan Air Dingin atau Hangat

cuci muka

LAMANRIAU.COM – Untuk menjaga kulit tetap bersih, wajah kamu harus bersihkan secara rutin. Selain pilihan produk pembersih yang sesuai kondisi kulit, efek suhu air yang dipakai untuk membasuh wajah perlu dipertimbangkan. Memang, apa manfaat cuci muka dengan air dingin atau air hangat? Cari tahu jawabannya pada ulasan Hellosehat.com berikut.

Mencuci muka menjadi rutinitas harian dalam menjaga kesehatan kulit. Pasalnya, seharian beraktivitas bisa membuat sel kulit mati, sebum (minyak), dan debu menempel pada permukaan kulit. Agar lebih bersih, kamu perlu menggunakan produk perawatan kulit, seperti sabun muka yang tepat.

Baca : Manfaat Daun Kersen Untuk Kolesterol

Pada beberapa produk yang mencantumkan aturan pakai, sebaiknya untuk mencuci muka lebih dahulu dengan air hangat sebelum menggunakan sabun. Ternyata aturan cuci muka ini ada hubungannya dengan manfaat air hangat yang mengenai permukaan kulit.

Jadi begini, saat kulit terkena air hangat, pori-pori akan menjadi terbuka. Hal ini memungkinkan kamu untuk mengeluarkan kotoran, minyak, atau sel-sel kulit mati yang terjebak di pori-pori.

Setelah kotoran keluarkan, kondisi pori-pori yang terbuka memungkinkan bahan aktif dari produk perawatan masuk lebih dalam ke dalam kulit. Semakin banyak kandungan aktif dari produk perawatan terserap ke dalam kulit, semakin besar pula manfaat yang akan kamu dapat.

Manfaat cuci muka dengan air dingin

Tidak hanya air hangat, air dingin juga memberikan manfaat sebagai air untuk cuci muka. Air dingin sering digunakan sebagai kompres untuk mengurangi peradangan, yakni mengurangi rasa nyeri dan pembengkakan.

Nah, potensinya ini bisa kamu manfaatkan ketika kulit wajah sedang meradang akibat munculnya jerawat. Efeknya, rasa nyeri akibat jerawat yang meradang bisa berkurang. Di samping itu, paparan air dingin juga bisa meningkatkan sirkulasi darah di kulit. Sirkulasi darah yang lebih lancar tentu dapat membuat kulit jadi tampak lebih sehat. ***

Editor: Fahrul Rozi