Riau  

Miliki Panjang 40 Km, Tarif Tol Pekanbaru-Bangkinang Rp900-1000 Km

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU– Proyek Tol Pekanbaru-Bangkinang nyaris rampung 100%. Proyek yang menelan biaya konstruksi Rp 3,4 triliun ini akan menghubungkan dua daerah dengan waktu tempuh lebih singkat.

Project Director Tol Pekanbaru-Bangkinang Bambang Eko mengatakan proyek jalan tol ini diharapkan meningkatkan konektivitas antar daerah. Pasalnya, akses tol ini memang dibutuhkan karena merupakan bagian dari jalan Tol Trans Sumatera ruas Pekanbaru-Padang.

Sejauh ini Tol Pekanbaru-Bangkinang sudah siap dibuka untuk umum. Pihaknya masih menunggu proses peresmian dari pemerintah pusat, termasuk Presiden RI Joko Widodo.

“Kita sedang menunggu pak, pengennya secepatnya, kita minta September (2022) ini bisa jalan untuk peresmiannya, ” ungkapnya.

Menurutnya, Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang dari STA 0+000 hingga Gerbang Tol (GT) Bangkinang total memiliki panjang 40 Km. Adapun investasi proyek yang menjadi koridor pendukung atau sirip dari ruas tol Pekanbaru-Padang yang dikeluarkan Hutama Karya mencapai hingga Rp 3,4 T.

“Nilai investasinya (biaya yang dikeluarkan Hutama Karya untuk konstruksi proyek Tol Pekanbaru-Bangkinang di luar lahan) sekitar Rp 3,4 triliun, ” jelasnya.

Bambang menegaskan Tol Pekanbaru-Bangkinang ini sudah mengantongi sertifikat layak fungsi dan layak pakai dari Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR untuk ruas tol tersebut.

Sertifikat tersebut menandakan jalan bebas hambatan yang menghubungkan ibukota provinsi dan Kabupaten Kampar tersebut sudah tidak ada masalah dan siap digunakan.

Adapun tarif tol awal nanti diperkirakan mencapai Rp 1.000/Km. “Perkiraan kita kalau nggak salah itu per kilo Rp 900-1.000 ya, tapi tergantung Kepmen nanti ya, ” pungkasnya.

Sebagai informasi, Tol Pekanbaru-Bangkinang merupakan koridor pendukung atau sirip dari ruas tol Pekanbaru-Padang sepanjang 254 kilometer. Memiliki jalan utama sepanjang 40 kilometer serta 6 jembatan dan 2 rest area.

Jarak dari Pekanbaru-Bangkinang jika melewati jalan nasional adalah sekitar 58,8 Km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 30 menit. Sedangkan jika menggunakan tol jarak tempuhnya lebih singkat jadi 20-25 menit.***

Editor: zulfilmani/ sumber: detik.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.