Nasdem Segera Deklarasikan Anies Sebagai Capres 2024

LAMANRIAU.COM, JAKARTA- Partai Nasdem sepertinya telah membulatkan tekad untuk mengusung Anies Baswedan sebagai Calon Presiden di Pilpres 2024 mendatang. Hal itu dibuktikan  Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh dengan segera mendeklarasikan Anies Baswedan  sebagai capres yang diusung partainya hari ini, Senin, 3 Oktober 2022.

Sebelumnya, NasDem telah menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) yang menghasilkan 3 nama bakal Capres pada medio Juni lalu. Mereka adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Panglima TNI Andika Perkasa, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Dalam surat undangan, deklarasi Capres digelar di Ballroom lantai 4 NasDem Tower, Menteng, Jakarta Pusat. Surat undangan tersebut diteken oleh Surya Paloh dan Sekretaris Jenderal Johnny G. Plate ini turut mengundang ketua dan anggota Majelis Tinggi, Mahkamah Partai, Dewan Pakar, Dewan Pertimbangan, dan Dewan Pimpinan Pusat.

Surat undangan ini bersifat instruksi. Seluruh elemen yang diundang diminta hadir dan mengenakan pakaian jas Partai NasDem berwarna biru tua dengan bawahan berwarna hitam. Dalam surat juga termaktub sifat penting dan mendesak.

Deklarasi  Partai Nasdem ini dikabarkan terkait adanya upaya sistematis menjegal Anies dengan  menetapkan Gubernur DKI ini sebagai tersangka dalam kasus Formula E. Ketua KPK, Firli Bahuri, disebut berkali-kali mendesak satuan tugas penyelidik agar menaikkan kasus Formula E ke tahap penyidikan, kendati masih minim bukti.

Wakil Ketua Umum DPP Partai NasDem, Ahmad Ali, menanggapi kabar adanya upaya kriminalisasi terhadap Anies Baswedan. Menurutnya, dugaan ini perlu diklarifikasi. Kendati begitu, jika benar ada upaya kriminalisasi terhadap Anies, ia menilai hal ini akan membahayakan proses demokrasi.

“Cerita tentang upaya atau ada orang yang memaksa menaikkan status Anies sebagai tersangka, ini perlu diklarifikasi teman-teman wartawan terhadap internal itu. Kalau benar, maka ini akan membahayakan proses demokrasi saat ini,” kata Ali kepada  Tempo,  Sabtu, 1 Oktober 2022.

Ali menjelaskan, saat ini Anies menjadi pusat perhatian. JIka terbukti ada upaya untuk menjegal Anies, Ali menilai hal ini bakal menimbulkan kegaduhan di masyarakat.***

Editor: Zulfilmani/Penulis: zulfilmani/sumber: tempo.co

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews