Curah Hujan di Riau Semakin Tinggi, Masyarakat Diminta Waspada

Waspada Hujan Deras Disertai Angin Kencang dan Petir di Wilayah Ini
BMKG Pekanbaru mengeluarkan peringatan dini untuk beberapa wilayah di Riau (ilustrasi/net)

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Hujan dengan intensitas ringan hingga lebat mulai sering terjadi di di Wilayah Riau. Ke depan hujan ringan, lebat  yang disertai petir dan angin kencang masih terus berpotensi mengguyur Riau.

Walaupun tidak merata, selama tiga hari berturut- turut Senin, 3 Oktober hingga Rabu, 5 Oktober 2022 Riau dilanda hujan. Karena itu masyarakat diminta untuk waspada terhadap kemungkinan banjir yang mungkin terjadi.

Forecaster On Duty BMKG Stasiun Pekanbaru Anggun mengatakan, Kamis 5 Oktober 2022 hujan sudah mengguyur Riau sejak pagi hari dan akan kembali mengguyur Riau pada sore hingga dini hari.

“Hujan bersifat tidak merata hanya terjadi di sebagian wilayah Riau saja,” ujar Anggun.

Ia mengatakan, pagi hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kuantan Singingi, Indragiri Hilir, Siak, Bengkalis, Pelalawan, Rokan Hilir, Kota Pekanbaru dan Kota Dumai.

“Sementara siang hari cuaca cerah Berawan, tak ada potensi hujan,” cakapnya.

Sore hingga malam hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kota Pekanbaru, Rokan Hulu, Kuantan Singingi, Siak, Kampar, Pelalawan, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir dan juga Kepulauan Meranti.

“Sedangkan dini hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kuantan Singingi, Siak, Kampar, Pelalawan, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir dan Kepulauan Meranti,” ungkapnya.

Untuk itu, BMKG mengeluarkan peringatan untuk mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

“Potensi tersebut terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kuantan Singingi, Kampar, Indragiri Hulu dan Indragiri Hilir pada malam dan dini hari,” sebutnya.

Suhu udara Riau hari ini berada di angka 23.0 – 32.0 °C dengan kelembapan udara 60 – 99 %. Sementara arah angin berhembus ke Barat Daya – Barat Laut dengan kecepatan 10 – 30 Km/jam.

Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.50 – 1.25 meter.***

Editor: Zulfilmani/Penulis: MA. Hakim

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *