Pangdam V/Brawijaya Dampingi Jenderal Dudung Panen Raya Padi di Tulungagung

Kasad Jenderal TNI Dr Dudung Abdurachman bersama sejumlah petinggi TNI AD melakukan panen raya padi di Desa Mojoarum, Kecamatan Gondang, Kabupaten Tulungagung, Jumat (7/10/2022). (Foto: Puspen Kodam V/Brawijaya)

LAMANRIAU.COM, TULUNGAGUNG – Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Nurchahyanto M.Sc mendampingi Kasad Jenderal TNI Dr Dudung Abdurachman dan rombongan dalam  kunjungan kerja ke Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Jumat 07 Oktober 2022.

Dalam kunjungan itu, Kasad Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman melakukan panen raya padi bersama petani di kawasan Desa Mojoarum, Kecamatan Gondang, Kabupaten Tulungagung. Kegiatan tersebut bertujuan mewujudkan ketahanan pangan nasional dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

“TNI AD harus hadir di tengah-tengah masyarakat, apapun kesulitannya. Dan TNI AD juga harus menjadi solusi bagi rakyatnya. Termasuk dalam hal ketahanan pangan,” tegas Jenderal Dudung.

Lebih lanjut, menurutnya dalam merealisasikan program ketahanan pangan nasional, TNI AD memiliki target sebesar 8 juta hektar di bidang pertanian seperti padi dan jagung. Dengan rincian 1 juta hektar untuk penanaman padi, dan 7 juta hektar untuk penanaman jagung.

“Baik melalui proses pembinaan Babinsa, maupun pengaktifan kembali lahan kosong milik TNI, sehingga menghasilkan produksi padi,” jelasnya.

Menurut Jenderal Dudung, ada beberapa alasan yang membuat dirinya gencar merealisasikan ketahanan pangan. Salah satunya, sesuai arahan Presiden RI, TNI diminta turut membantu mensejahterakan pemerintah di tingkat daerah maupun pusat, dan mensejahterakan prajurit.

“Kenapa harus ketahanan pangan?,  kita bisa lihat sendiri selama dua tahun belakangan ini ketika diterpa Covid-19. Banyak masyarakat yang terdampak. Seperti pemutusan lapangan kerja, banyaknya pengangguran, kurangnya efektifitas produksi pertanian. Sehingga hal ini lah yang menjadi alasan kita untuk terus menggalakkan ketahanan pangan,” terang Jenderal Dudung.

Selain panen raya padi, Kasad Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman dalam kunjungan itu juga turut meresmikan pembangunan sumur bor (secara virtual) yang dilaksanakan oleh Kodim 0806/Trenggalek. Peresmian sumur bor tersebut dalam rangka TNI Manunggal air guna mencukupi kebutuhan air bersih bagi warga desa Tanggaran, Kecamatan Pule.

TNI Manunggal air tersebut merupakan program Kasad dalam membantu dan meringankan masyarakat yang selama ini kekurangan air. Kedalaman sumur bor dikawasan ini telah mencapai 130 meter.

Nantinya selain disalurkan ke rumah-rumah warga, air tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk mengairi kebun-kebun warga setempat sehingga bisa mendorong tumbuhnya perekonomian di Desa Tanggaran.

Hadir dalam acara itu, Danpuspomad Letjen TNI Chandra W. Sukotjo, M.Sc., Asintel Kasad Mayjen TNI Dedi Solihin, Asrena Kasad Mayjen TNI Kasuri, Asrena Kasad Mayjen TNI Kasuri dan Kasdam V/Brawijaya Brigjen TNI Piek Budyakto. ***

Editor: Fahrul Rozi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *