Tertawalah Agar Jantung Tetap Sehat

Tertawalah Agar Jantung Tetap Sehat
Studi menyebutkan, tertawa baik untuk kesehatan jantung (ilustrasi/net)

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Tertawalah sebelum tertawa itu di larang. Tertawalah agar kesehatan jantung tetap terjaga.

Ketika kita sedih, teman akan menghibur dengan guyonan agar kita bisa tertawa. Selera humor yang baik memang tidak dapat menyembuhkan penyakit, tetapi bukan berarti tawa yang renyah tak membawa manfaat apa pun bagi tubuh kita.

Tertawa merupakan terapi terbaik yang tak hanya menyembuhkan jiwa namun juga raga. Hiburan, agar kita tertawa merupakan obat termurah di dunia yang memiliki kekuatan untuk menenangkan tubuh, meningkatkan sistem imun, serta meredakan tekanan fisik.

Fakta menarik nan luar biasa lainnya dari tertawa yaitu “tertawa baik bagi kesehatan jantung”.

Tertawa dapat mengurangi risiko terkena serangan jantung, penyakit jantung, dan stroke sebab ia mempertahankan kesehatan endotelium.

Endotelium merupakan lapisan sel yang melapisi pembuluh darah dan pembuluh darah getah bening tubuh, mengutipCleveland Clinic.

Saat seseorang tertawa, aliran darah dan tekanan darah meningkat tetapi akan turun kembali ketika ia berhenti tertawa. Oleh karena itu, tertawa dapat membantu menyeimbangkan tekanan darah dalam tubuh.

Menurut banyak penelitian, Depresi, kemarahan, dan kecemasan dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. Begitu pula sebaliknya. Rasa humor, kebahagiaan, dan tawa baik untuk kesehatan jantung.

Asosiasi Jantung Amerika (AHA) mengungkapkan bahwa tertawa menurunkan hormon stres, mengurangi inflamasi atau peradangan, dan menungkatkan kolesterol baik (HDL). Semua itu dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Studi ini juga menyebutkan bahwa dampak positif tertawa dapat bertahan selama 24 jam.

Editor: Denni Risman – Sumber: liputan6.com