Riau  

Peresmian Tol Pekanbaru- Bangkinang, Ternyata Hanya Menunggu  yang Satu Ini

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU -Pengerjaan Ruas Tol Pekanbaru-Bangkinang telah selesai 100 persen. Ruas tol ini sebenarnya sudah siap untuk dioperasikan. Dan warga Riau juga telah menunggu- menunggu kapan jalan bebas hambatan sepanjang 40 km ini akan diresmikan pemakaiannya.

Terkait hal itu, Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar  mengaku telah melakukan komunikasi dengan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono terkait peresmian jalan tol Pekanbaru-Bangkinang tersebut.

“Saya sudah tanya Pak Menteri Basuki saat saya ketemu di Jakarta, kata beliau (peresmian Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang) tinggal menunggu waktu ketersediaan (jadwal) Pak Presiden,” kata Gubri kepada wartawan, Selasa 11 Oktober 2022.

Gubri mengatakan, pembangunan jalan tol Pekanbaru-Bangkinang sudah rampung. Sehingga tidak ada kendala lagi jika jalan tol tersebut diresmikan.

“Pembangunan jalan tol Pekanbaru-Bangkinang sudah selesai. Jadi tidak ada masalah, tinggal peresmian saja lagi,” pungkasnya.

Sebelumnya, Project Director Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang, Bambang Eko telah memastikan kesiapan dan kontruksi pekerjaan mengatakan sudah 100 persen.

Namun, Bambang Eko belum bisa memastikan kapan jalan tol sepanjang 40 Km itu mulai dioperasikan. Sebab untuk pengoperasian jalan tol kewenangan pemerintah pusat.

“Kami belum tahu kapan fiksnya, memang ada infonya begitu (September diresmikan). Kita tunggu saja kabar dari pusat. Yang pasti, kalau kesiapan konstruksi sudah 100 persen, tidak ada masalah lagi,” kata Bambang Eko.

Selain pembangunan jalan tol sudah tuntas 100 persen, lanjut Bambang, pihaknya bahkan sudah mengantongi sertifikat layak fungsi dan layak pakai dari Bina Marga, Kementerian PUPR.

Dengan keluarnya sertifikat tersebut, menandakan jalan Pekanbaru-Bangkinang tersebut sudah tidak ada masalah. Yakni terhitung dari akses masuk Sungai Pinang Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar hingga pintu keluar menuju Kota Bangkinang.

“Kalau memang akan dioperasikan, kami sudah siap. Sertifikat layak pakai sudah ada,” tutup Bambang Eko.***

Editor: Zulfilmani/ Penulis: M. Aminudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *