Kemendikbudristek RI dan REFO Gelar Festival Komunitas belajar.id

LAMANRIAU.COM, JAKARTA – Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI bekerja sama dengan PT Reformasi Generasi Indonesia (REFO) menggelar Festival Komunitas belajar.id, yang dimulai pada Selasa 25 Oktober 2022 hingga Kamis 3 November 2022.

Tema yang diusung adalah “Bangkit Bersama belajar.id”. Festival yang diselenggarakan secara daring itu akan dibuka oleh Direktur Jenderal PAUD Dikdas dan Dikmen Dr. Iwan Syahril, Ph.D, Kepala Pusdatin Dr. M. Hasan Chabibie, M.Si., dan Strategic Partner Manager Google for Education Ganis Samoedra Murharyono.

Festival yang terdiri dari 33 sesi tersebut akan disiarkan secara langsung melalui beberapa kanal YouTube, yaitu milik REFO, Ditjen GTK, Ditjen PAUD Dikdas dan Dikmen, Televisi Edukasi, PAUDPEDIA, Direktorat Sekolah Dasar, Direktorat SMP, Direktorat SMA, Direktorat PMPK, dan Facebook REFO.

Festival Komunitas belajar.id adalah sebuah rangkaian acara virtual yang diadakan untuk memberdayakan, memampukan dan mengapresiasi para pendidik dan peserta didik dalam komunitas belajar.id termasuk pemegang kepentingan di dinas dan semua institusi yang bergerak di bidang pendidikan, agar dapat memanfaatkan akun belajar.id untuk peningkatan mutu pembelajaran.

Tema Bangkit Bersama belajar.id diangkat dengan menyesuaikan tema Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, di mana diharapkan Indonesia dapat segera bangkit lebih cepat dan lebih kuat dari situasi pandemi yang melanda selama dua tahun lebih.

Begitu juga dengan pendidikan di Indonesia, dengan akun belajar.id, diharapkan dapat bangkit lebih kuat dari keadaan sebelum masa pandemi.

Adapun tujuan dari festival tersebut adalah yakni memberikan semangat dan dukungan kepada para pemimpin dan anggota komunitas pendidik di seluruh Indonesia. Mensosialisasikan pemanfaatan akun belajar.id kepada peserta didik.

Memperkenalkan sumber-sumber pemberdayaan terkait pemanfaatan akun belajar.id; dan memberikan apresiasi kepada para Kapten, Ko-Kapten, Google Master Trainer, pembuat bahan ajar, komunitas penerima Chromebook dan komunitas lokal yang berhasil mendorong pendidik dan peserta didik di daerahnya untuk mengaktivasi dan menggunakan akun belajar.id.

Dalam Festival Komunitas belajar.id 2022 ini, para narasumber, yang terdiri dari para pendidik dan peserta didik dari berbagai daerah di Indonesia, akan berbagi tentang sepak terjangnya dalam pemanfaatan dan penyebaran akun belajar.id.

Tips dan trik untuk mengoptimalkan manfaat akun belajar.id dalam keterbatasan infrastruktur, termasuk internet; dan sumber-sumber pemberdayaan pendidik dalam memanfaatkan akun belajar.id.

Para pemirsa juga akan memiliki kesempatan berinteraksi langsung secara virtual dengan narasumber di sesi “Meet & Greet” yang diadakan setelah setiap sesi utama melalui platform Google Meet.

Penyelenggara juga menyediakan tautan https://bit.ly/subfestivalbelajarid, sehingga pengingat jadwal festival akan secara otomatis terpasang di Google Calendar. Dengan begitu, para pengguna Google Calendar akan mendapatkan pengingat pada setiap pukul 14.00 WIB selama tanggal 15 Oktober 2022 hingga 3 November 2022.

Ini adalah kedua kalinya Festival belajar.id diadakan. Pada tahun 2021 lalu, Festival Pendidik belajar.id dengan tema “Terbang Bersama belajar.id” merebut perhatian lebih dari 16.900 satuan pendidikan, terbukti dengan total jumlah unique viewer atau view per akun dari kanal-kanal yang menyiarkannya.

Tahun ini, Festival Komunitas belajar.id 2022 diharapkan akan meraih unique viewer sejumlah 15.000 pendidik dan 5.000 siswa di setiap sesinya. ***

Editor: Fahrul Rozi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *