Panen Raya Ikan Nila di SMPN 5 Bathin Solapan

Siswa SMPN 05 Bathin Solapan menggelat panen raya ikan lele dari kolam milik sekolah.

LAMANRIAU.COM, BENGKALIS – SMPN 5 Bathin Solapan menggelar panen raya ikan nila, Sabtu 29 Oktober 2022. Tidak tanggung-tanggung jumlah ikan yang dipanen hari ini sekitar seratus kilogram.

Menurut informasi dari Wati, salah satu guru SMPN 5 Bathin Solapan, budidaya ini sudah dilakukan sejak enam bulan yang lalu, yaitu sekitar bulan April 2022.

Ketua Adiwiyata sekolah Sodikin menyampaikan bahwa SMPN 5 Bathin Solapan merupakan salah satu sekolah yang mengikuti program Adiwiyata. Saat ini mereka sudah berada di tinggkat kabupaten dan sekarang sedang bergiat menuju tingkat provinsi.

“Budidaya ikan nila merupakan program unggulan yang ada di sekolah kami. Budidaya ikan dipilih bukan tanpa alasan, selain kita bisa mendapatkan hasil berupa ikan segar kita juga bisa memanfaatkan air dari kolam ikan untuk menyiram tanaman di sekitar kolam. Dengan demikian secara tidak lansung kita telah menjalankan program hemat air,” tutur Sodikin.

Sekolah ini selalu melibatkan siswa dalam menjalakan program Adiwiyata. Contohnya pada budidaya ikan nila. Sekolah melibatkan siswa untuk memberi makan ikan. Ikan-ikan ini diberi makanan berupa makanan pabrik sebanyak dua kali dalam sehari.

Selain memberi makan yang teratur, pengisian ulang air kolan juga dilakukan secara rutin. Hal ini bertujuan agar air di dalam kolam tetap bersih dan cukup untuk semua ikan.

Selain memiliki dua kolam ikan, SMPN 5 Bathin Solapan juga memiliki program Adiwiyata lainnya. Seperti pemanfaatan perkarangan sekolah sebagai kebun sekolah. Berbagai jenis tanaman ditanam oleh guru bersama siswa. Antaranya adalah, kebun singkong, cabe dan berbagai tanaman sayur lainnya.

“Rencananya hasil panen ikan ini akan kami jual kepada guru-guru, tata usaha, siswa, warga sekolah lainnya seperti penjaga keamanan, penjaga kantin dan kepada warga sekitar sekolah. Hasil penjualan ini akan kita manfaatkan untuk perbaikan jalan menuju Mushola sekolah, pembelian bibit baru serta persediaan makanan ikan selanjunya. Untuk harga yang kami tawarkan sedikit lebih rendah dari harga pasar,” jelas Hendri selaku kepala sekolah di sini.

Melihat hasil panen yang melimpah maka pihak sekolah berencana akan menambah lagi jumlah kolam. Dengan demikian hasil panen akan lebih banyak serta secara tidak langsung sekolah mendidik dan menumbuhkan minat serta bakat kewirausahaan pada warga sekolah terutama kepada seluruh peserta didik di SMPN 5 Bathin Sholapan.***

Editor: Fahrul Rozi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *