Spanyol Bantai  Habis 7-0 Costarika

Spanyol Bantai  Habis 7-0 Costarika

LAMANRIAU.COM, KAMPAR – Spanyol tampil sangat dominan dalam pesta gol melawan Kosta Rika di Piala Dunia 2022. Tercatat mereka membuat hampir 1.000 umpan sukses di laga ini.

Spanyol, yang terakhir menjuarai Piala Dunia pada 2010, menghadapi tim Kosta Rika yang mencapai perempat final edisi 2014, di Stadion Al Thumama.

Kosta Rika adalah tim terakhir yang lolos ke Piala Dunia. Meskipun mereka tersingkir dari babak penyisihan grup pada tahun 2018, mereka berhasil memuncaki grup mereka pada tahun 2014 yang terdiri dari Uruguay, Italia, dan Inggris – semuanya tim yang lebih baik daripada Kosta Rika. 

Ini seharusnya memberi mereka kepercayaan diri yang cukup untuk maju ke Babak 16 besar dari grup yang juga mencakup Jerman dan Jepang.

Spanyol memulai langkah di Piala Dunia 2022 dengan kemenangan telak 7-0 atas Kosta Rika di Al Thumama Stadium, Rabu 23 November 2022 malam WIB. Dani Olmo membuka keran gol La Furia Roja, di susul gol dari Marco Asensio, Ferran Torres (2 gol), Gavi, Carlos Soler, dan Alvaro Morata.

Skor mencolok ini bisa di katakan tak mengejutkan mengingat tim polesan Luis Enrique itu tampil sangat dominan. Sebagai catatan, Spanyol melakukan total 1.043 umpan dan 976 di antaranya sukses, dengan rasio akurasi 93,58% dan persentase penguasaan bola sebesar 81,8%.

Baca Juga Uruguay vs South Korea : Son Heung-Min Siap Tempur

Jumlah umpan sukses dan angka penguasaan bola itu adalah sebuah rekor di Piala Dunia. Saking dominannya, Spanyol tak membiarkan Kosta Rika mencatatkan satupun tembakan. Ya, Kosta Rika bahkan tak bisa sekadar melepaskan percobaan mencetak gol.

Buat Spanyol, kemenangan ini adalah yang terbesar dalam sejarah keikutsertaan mereka di Piala Dunia. Skor 7-0 ini melewati kemenangan 6-1 atas Bulgaria di Piala Dunia 1998.

Kemenangan besar ini menjadi modal berharga Spanyol untuk lolos dari Grup E yang sulit. Mereka sementara memimpin dengan tiga poin, unggul selisih gol atas Jepang.

Selanjutnya tim Matador akan menghadapi Jerman, yang secara mengejutkan di kalahkan Jepang 1-2.

Susunan Pemain:

Spanyol (4-3-3): Unai Simon; Cesar Azpilicueta, Aymeric Laporte, Rodri, Jordi Alba (Alejandro Balde 64′), Pedri Carlos Soler 57′), Sergio Busquets (Koke 64′), Gavi, Ferran Torres (Alvaro Morata 57′), Marco Asensio (Nico Williams 69′), Dani Olmo.

Cadangan: Robert Sanchez, David Raya, Alejandro Balde, Dani Carvajal, Ansu Fati, Eric Garcia, Hugo Guillamon, Koke, Marcos Llorente, Alvaro Morata, Yeremo Pino, Pablo Sarabia, Carlos Soler, Pau Torres, Nico Williams.

Pelatih: Luis Enrique.

Kosta Rika (4-4-2): Keylor Navas; Carlos Martinez (Kendall Waston 46′), Francisco Calvo, Oscar Duarte, Keysher Fuller, Bryan Oviedo, Joel Campbell, Yeltsin Tejeda, Celso Borges (Brandon Aguilera 73′), Jewison Bennette (Bryan Ruiz 61′), Anthony Contreras (Alvaro Zamora 61′).

Cadangan: Esteban Alvarado, Daniel Chacon, Anthony Hernandez, Douglas Lopez, Ronald Matarrita, Bryan Ruiz, Youstin Salas, Patrick Sequeira, Gerson Torres, Juan Pablo Vargas, Johan Venegas, Kendall Waston, Roan Wilson, Alvaro Zamora.

Pelatih: Luis Fernando Suarez.

EDITOR : Fahrul Rozi / PENULIS: M.Amrin Hakim