Ketua RABB Riau Usulkan Program Berkebun Aren ke Anies Baswedan

Ketua RABB Riau Dr Zulfikri Toguan dan Anies Baswedan

LAMANRIAU.COM , PEKANBARU – Ketua Relawan Anis Baswedan Bersatu (RABB) Wilayah Riau Dr Zulfikri Toguan SH MH mengusulkan kepada Balon Presiden Anies Baswedan program kebun aren Nasional.

Usulan itu disampaikan Zulfikri di sela-sela kunjungan silaturrahmi Anies Baswedan di Kota Pekanbaru, Senin (5/12/2022).

“Saya langsung menyampaikan kepada Pak Anies mengenai program kebun aren ini. Respons Pak Anies cukup bagus. Ia mengucapkan terima kasih atas usulan tersebut,” ujar Zulfikri yang juga tokoh masyarakat marga Pohan di Provinsi Riau.

Dalam dialog singkat bersama Anies Baswedan, secara gamblang Dr Zukfikri menyampai beberapa poin terkait program arena Nasional. Di antaranya menjadikan kebun aren kadi program ketahanan pangan Nasional.

Kemudian meningkatkan peran perguruan tinggi khusus pertanian melakukan kajian terhadap turunan aren seperti jado ethanol. Mewajibkam tiap desa yang berpotensi dibentuk kebun aren desa.

Selanjutnya mendorong pihak swasta besar untuk melakukan ekspor atas turunan produlsi aren. Serta menjadikan hasil aren tiap desa membiayai atau memberikan uang saku bagi lansia di atas 65 tahun sebanyak minimal Rp 2 juta per bulan.

“Meski hanya poin-poin penting yang saya sampaikan terkait program kebun aren ini, namun Pak Anies cukup antusias menerima usulan itu. Ia mengatakan akan mewujudkan hal itu nanti,” tutur Zukfikri yang juga pengusaha aren ini.

Ia menilai jika program berkebun aren secara Nasional ini diwujudkan pemerintah, dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Karena potensi dan hasilnya sangat menjanjikan.

“Semoga program aren secara nasional ini dapat diwujudkan dalam menyejahterakan masyarakat,” tutup Zulfikri yang juga Ketum Ikatan Keluarga Pasaman dan Pasaman Barat Riau (IKPPBR). (rls)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews