Donald Pandiangan :Seorang Robin Hood Indonesia Dan Menjadi Google Doodle Saat Ini

Donald Pandiangan :Seorang Robin Hood Indonesia Dan Menjadi Google Doodle Saat Ini

LAMANRIAU.COM, KAMPAR – Donald Pandiangan menjadi Google Doodle saat ini. Bernama lengkap Donald Djatunas Pandiangan adalah  sosok olahragawan Indonesia mantan atlet panahan dan juga pelatih panajan Indonesia

Donald Pandiangan yang juga di juluki sebagai Robin Hood Indonesia, Sebagai atlet, dia mengukir prestasi sebagai juara Sea Games sebanyak 4 kali.

Donald Pandiangan menjadi google doodle pada hari ini sebagai perayaan hari ulang tahunnya yang ke-77. Lahir di Sidikalang, Sumatera Utara pada 12 Desember 1945. Donald menikahi Paulina Saune dan pasangan ini memiliki empat orang anak.

Donald  mendapat gelar Robin Hood Indonesia pada Olimpiade 1976 di Montreal. Dia juga mencatatkan rekor dalam Guinness Book of World Record sebagai atlet yang dapat menancapkan panah di ujung ekor panah lainnya.

Penghargaan Yang Pernah Di Dapat

Donald berhasil membawa trio Srikandi Indonesia (Lilies Handayani, Nurfitriyana Saiman dan Kusuma Wardhani) merebut medali perak Olimpiade Seoul 1988 yang merupakan medali pertama bagi Indonesia sepanjang sejarah partisipasinya dalam Olimpiade.

Ia telah memenangkan lebih dari 20 medali emas SEA Games 1977 hingga 1987 di semua level nomor tanding.

Dia turun dan meraih semua emas pada nomor individual recurve, individual recurve 30 m, individual recurve 50 m, individual recurve 70 m, dan team recurve.

Tak ayal, julukan sebagai Robin Indonesia di sematkan di pundak Donald Pandiangan menyusul prestasi luar biasa tersebut. Selain torehan emas, julukan sebagai Robin Hood Indonesia tersemat lantaran Donald memiliki kemampuan menancapkan anak panah di ekor anak panah lainnya.

Selain Google Doodle hari ini, Ia juga pernah di kenang melalui sebuah film berjudul 3 Srikandi. Di film tersebut, Donald Pandiangan di perankan oleh Reza Rahardian.

Donald Pandiangan meninggal dunia  pada usia 63 tahun pada 20 Agustus 2008 setelah di rawat sejak 17 Agustus 2008 di Rumah Sakit Cikini Jakarta. Donald di ketahui meninggal akibat menderita stroke.

Google Doodle memang jadi tempat khusus mesin pencari ini mengenang sosok dan beberapa momen penting. Dan seperti biasa Google Doodle lain sebelumnya, saat gambar doodle di klik akan menampilkan informasi dan topik terkait lainnya.

Editor: Fahrul Rozi / Penulis: M.Amrin Hakim

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews