Gubernur Riau Tegur Kadis PU Terkait Banyak Jalan Rusak Di Riau

Gubernur Riau Tegur Kadis PU Terkait Banyak Jalan Rusak Di Riau

LAMANRIAU.COM, KAMPAR – Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Riau, Arief Setiawan di tegur oleh Gubernur Riau Syamsuar lantaran banyak jalanan rusak. Syamsuar juga geram karena adanya keluhan soal Arief yang tidak merespons konfirmasi dari sejumlah media.

“Tolong itu (wartawan) di respons, masak pejabat susah diajak becakap (bicara),” kata Syamsuar ke Arief Setiawan di Gedung Daerah Pemprov Riau dalam agenda Refleksi Akhir Tahun 2022, Pada¬† Senin 2 Januari 2023.

Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengaku persoalan infrastruktur khususnya jalan masih menjadi Pekerjaan Rumah (PR) tahun 2023. Pada Realisasi pembangunan dan perbaikan jalan di Provinsi Riau tahun 2022 masih sangat rendah. Sepanjang tahun 2022, proyek infrastruktur perbaikan dan pembangunan jalan di Riau hanya sepanjang 25,07 km.

Realisasi pembangunan jalan di Provinsi Riau tercatat terus menurun sejak 2019 lalu. Di mana pada tahun 2019 jalan yang di bangun di Riau mencapai 44,74 Km dan 2020 menjadi 25,93 Km. Untuk itu, persoalan itu akan menjadi prioritas Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau pada tahun ini.

Kepala Dinas PUPR PKPP Riau, M Arief Setiawan mengatakan, untuk rincian kondisi jalan tersebut, yakni sepanjang 615,54 Km dalam kondisi rusak ringan, dan 421,10 Km dalam kondisi rusak berat. Sedangkan kondisi sedang sepanjang 326,71 Km, dan jalan kondisi baik sepanjang 1.436,47 Km.

“Kondisi ruas jalan provinsi tersebut tersebar di 12 kabupaten kota se-Riau. Penyebab utama kerusakan jalan provinsi akibat kendaraan Over Dimension Over Load (ODOL),” katanya.

Dia mengatakan, kekuatan jalan provinsi di kabupaten kota hanya mampu menahan beban sebanyak 20 ton. Namun pada kondisinya di lapangan kendaraan yang melintasi jalan provinsi lebih dari itu.

“Tapi itu dengan catatan kecepatan kendaraan minimal 60 Km/Jam. Kecepatan itu terpenuhi tidak. Kalau tidak terpenuhi maka akibatnya jalan menjadi rusak,” sebutnya.

Jalan Rusak Indragiri Hulu Menjadi Sorotan

Syamsuar menarget pembangunan jalan dan perbaikan akan di tingkatkan di tahun 2023 ini. Namun ia juga menyoroti terkait banyaknya jalan rusak di Indrgairi Hulu akibat banyak truk bermuatan baru bara melintas.

“Berkaitan jalan ini khususnya di Indragiri Hulu itu ada persoalan karena di jalan itu banyak digunakan untuk jalan batu bara. Kita minta mereka siapkan jalan sendiri untuk angkutan batu bara dan nanti kami surati,” pungkasnya.

Di ketahui kerusakan jalan provinsi terjadi di sejumlah kabupaten dan kota di Riau sejak tahun 2022 lalu. Terbaru adalah jalan rusak di Indragiri Hulu, Kuantan Singingi dan Siak yang jadi kewenangan provinsi.

Sayangnya Kepala Dinas PU Riau selalu bungkam terkait informasi penanganan jalan. Bungkamnya Kepala Dinas PU Riau itulah yang membuat Gubernur Syamsuar memberi peringatan keras.

Editor : Fahrul Rozi/Penulis; M.Amrin Hakim

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews