Dibuka Jaksa Agung RI, Wakajati Riau Ikuti Rakernas Kejaksaan RI Tahun 2023

LAMANRIAU.COM , PEKANBARU – Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Riau, Akmal Abbas SH MH mengikuti secara virtual Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kejaksaan Republik Indonesia Tahun 2023.

Kegiatan tersebut diikuti secara virtual di Ruang Aula Vicon Lt 2 Kejaksaan Tinggi Riau, Rabu (4/1/2022).

Rakernas diikuti oleh Asisten Bidang Tindak Pidana Khusus Tri Joko SH, Asisten Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara Meilinda SH MH, Asisten Bidang Tindak Pidana Militer Kolonel Laut (KH) Faisol SH.

Asisten Bidang Pengawasan Ayu Agung SH MH, Para Koordinator, Pejabat Esselon IV, Esselon V, Auditor serta CPNS di lingkungan Kejaksaan Tinggi Riau.

Kegiatan diawali dengan Laporan Jaksa Agung Muda Intelijen Dr Amir Yanto SH MM MH CGCAE selaku ketua umum Rakernas Kejaksaan Republik Indonesia Tahun 2023.

Ia menyampaikan bahwa rakernas merupakan forum pertemuan seluruh satuan/unit kerja kejaksaan untuk membahas evaluasi pelaksanaan capaian kinerja tahun sebelumnya dan menyusun rencana kerja dan anggaran yang akan datang.

Rakernas Kejaksaan Tahun 2023 akan diarahkan pada sejumlah kebijakan prioritas pembangunan tahun 2023. Mencakup percepatan, penghapusan kemiskinan ekstrem, peningkatan kualitas kesehatan dan pendidikan sumber daya manusia.

Kemudian penanggulangan pengangguran disertai peningkatan decent job, pemulihan dunia usaha, revitalisasi industri dan penguatan riset terapan.

Pembangunan rendah karbon dan transisi energi, percepatan pembangunan infrastruktur dasar air bersih dan sanitasi serta pembangunan Ibu Kota Nusantara.

Kegiatan dilanjutkan dengan sambutan dan pengarahan Jaksa Agung RI Burhanuddin sekaligus membuka secara resmi Rakernas Kejaksaan Tahun 2023.

Jaksa Agung menyampaikan Bahwa kejaksaan telah memiliki Trapsila Adhyaksa yang mengandung arti Satya Adhi Wicaksana. Dimana doktrin ini juga sebagai landasan jiwa Kejaksaan dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

“Selain kita melaksanakan Trapsila Adhyaksa tersebut, kita juga harus mengukuhkan core values yang kita anut sebagai ASN yaitu berakhlak. Hal ini menjadi dasar penguatan budaya kerja di instansi pemerintah untuk mendukung pencapaian kinerja individu dan tujuan institusi,” jelasnya.

Lebih lanjut, dalam penyampainnya, Jaksa Agung Burhanuddin berharap agar setiap insan Adhyaksa harus memiliki hati nurani sebagai cerminan dalam bekerja untuk dapat memberikan nilai kemanfaatan bagi masyarakat.

Responsif berarti kita harus cepat dan tepat dalam mencermati perkembangan hukum dan kemajuan teknologi. Adil adalah tujuan dari setiap penegakan hukum yang dilakukan dan akuntabel merupakan keprofesionalan kita dalam bekerja yang berdasarkan integritas, sehingga setiap pekerjaan kita dapat dipertanggungjawabkan dengan baik.

Burhanuddin juga menekankan corporate values tak hanya menjadi slogan yang utopis semata tanpa diimplementasikan dalam pelaksanaan tugas sehari-hari.

Nilai-nilai dasar yang terkandung dalam corporate values ini harus diterapkan oleh setiap insan Adhyaksa dan menjadi pelecut semangat setiap pegawai untuk terus meningkatkan kapasitas dan kompetensinya dalam bekerja. Peningkatan kualitas kerja tentunya akan berdampak positif bagi kemajuan institusi.

Rakernas Kejaksaan Republik Indonesia Tahun 2023 dilaksanakan selama tiga hari yaitu mulai 3 Januari hingga 6 Januari 2023 di Golden Ballroom The Sultan Hotel & Residence, Jakarta Pusat, DKI Jakarta.

Rakernas kali ini mengusung tema “Kejaksaan handal, penegakan hukum humanis serta transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan”. (Rilis)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews