Kampar  

Pintu Tol Pekanbaru-Pangkalan Dekat Candi Muara Takus, Untuk Dongkrak Kawasan Pariwisata

lamanriau
Pintul Tol Pekanbaru-Pangkalan Didekatkan Candi Muara Takus, Untuk Mendongkrak kawasan Pariwisata

LAMANRIAU.COM, KAMPAR – Setelah Presiden Joko Widodo meresmikan jalan tol Pekanbaru-Padang seksi Bangkinang sepanjang 30,9 km, pada Rabu 4 Januari lalu. Pembangunan tol tersebut akan di lanjutkan hingga Pangkalan dan di targetkan rampung pada tahun 2023 ini. Untuk progres pembangunan Jalan Tol Pekanbaru-Pangkalan sudah mencapai 86 persen.

Pada ruas tol ini merupakan bagian dari koridor pendukung Jalan Tol Trans Sumatera yang akan menghubungkan daerah Provinsi Riau dan Provinsi Sumatera Barat.

Untuk mendukung akses menuju tempat Pariwisata di Provinsi Riau utamanya Candi Muara Takus di Kabupaten Kampar, pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) akan mendekatkan pintu tol Pekanbaru-Pangkalan dengan lokasi wisata tersebut.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol atau BPJT Danang Parikesit menjelaskan tersambungnya ruas Tol Pekanbaru hingga Pangkalan di harapkan supaya menjadi tulang punggung Trans Sumatera. Hal itu  menciptakan kawasan perekonomian baru di Provinsi Riau, khususnya industri perkebunan, pertambangan, dan industri turunannya di Kabupaten Kampar serta mendongkrak kawasan pariwisata Candi Muara Takus.

Di sisi lain, Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, SF Hariyanto menjelaskan, di dekatkannya pintu tol Pekanbaru-Pangkalan tersebut di lakukan dengan cara menambah panjang jalan tol sepanjang 7 Km.

Alhamdulillah, kunjungan kerja pak presiden ke Riau pekan lalu membawa banyak kabar baik bagi provinsi kita. Salah satunya penambahan panjang Jalan Tol Pekanbaru-Pangkalan 7 Km mendekati tempat wisata Candi Muara Takus,” tuturnya.

Lebih lanjut di katakannya, untuk semakin mendukung akses jalan ke lokasi wisata tersebut, Pemprov Riau juga akan membangun jalan akses keluar pintu tol ke Candi Muara Takus.

“Jadi kami melalui APBD juga akan membangun akses jalan keluar dari pintu tol Pekanbaru-Pangkalan. Sehingga masyarakat akan semakin mudah untuk menuju lokasi wisata,” ujarnya.

Selain penambahan panjang jalan tol untuk mendekatkan ke lokasi wisata, pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR juga akan membangun flyover di persimpangan Jalan Garuda Sakti, Pekanbaru. ***

Editor: Fahrul Rozi/Penulis: M.Amrin Hakim

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews