Pacu Jalur Dapat Urutan Pertama Ekspose di Launching KEN 2023 di TMII

LAMANRIAU.COM, TELUKKUANTAN  – Setelah berhasil masuk sebagai salah satu dari tujuh nominasi Kharisma Event Nusantara (KEN) tahun 2023 dari Provinsi Riau, festival pacu jalur akan mendapatkan kesempatan pertama untuk ekspose pada launching KEN 2023 di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) pada 28 Januari mendatang.

Alhamdulillah, untuk kategori budaya, pacu jalur diletakkan pada urutan satu yang diberi kesempatan untuk berkolaborasi dalam acara Festival Event Nusantara yang juga sekaligus peluncuran Kharisma Event Nusantara 2023 di TMI 28 Januari 2023,” kata Kadis Pariwitasa dan Kebudayaan Kabupaten Kuansing Azhar, Kamis 12 Januari 2023.

Hal ini, kata Azhar, adalah hasil dari zoom meeting dengan Kementerian Pariwisata pada pukul 15.00 WIB siang tadi. Zoom meeting ini diikuti oleh beberapa kabupaten/kota se Indonesia.

“Kesempatan ini diberikan oleh Kementerian Pariwisata kepada Festival Pacu Jalur agar bisa mempromosikan budaya kebanggaan masyarakat Kuantan Singingi ini kepada wisatawan secara nasional,” paparnya.

Untuk Riau, kata Azhar, hanya Kabupaten Kuantan Singingi yang diminta untuk berkolaborasi dalam kegiatan Kharisma Event Nusantara tersebut.

“Kita tentu berharap dengan kesempatan yang diberikan oleh pihak kementerian, ini merupakan signal bahwasanya Festival Pacu Jalur akan masuk ke dalam Kharisma Event Nusantara 2023,” pungkasnya.

Diketahui, sebanyak tujuh agenda pariwisata Provinsi Riau lolos kurasi akhir atau masuk nominasi Kharisma Event Nusantara (KEN) tahun 2023. 

Ketujuh event tersebut yakni Bakar Tongkang, Kenduri Riau, Festival Rupat, Festival Bono, Pacu Jalur, Siak Bermadah, serta Festival Subayang. 

“Seluruh Indonesia itu ada 100 event pilihan. Sedangkan usulan dibatasi setiap provinsi 10 event yang boleh diusulkan,” tutup Azhar.***

Editor/Penulis: Suharman

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *