Kampar  

MTQ ke-52 Tingkat Kabupaten Kampar, Kecamatan Rumbio Jaya Akan Menjadi Tuan Rumah

lamanriau

LAMANRIAU.COM, KAMPAR – Pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-52 Tingkat Kabupaten Kampar tahun 2023, di jadwalkan akan di gelar di Kecamatan Rumbio Jaya.

Untuk itu, Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar gelar rapat persiapan pelaksanaannya. Rapat di langsungkan di aula kantor Bupati Kampar, Kamis 19 Januari 2023. Rapat tersebut di pimpin PJ Bupati Kampar di wakili Asisten Bidang Pemerintah dan Kesra Setda Kampar Ahmad Yuzar.

Dalam acara rapat hadir  juga, di antaranya Kepala Kamenag Kampar Fuadi Ahmad, Kepala Bagian Kesra Setda Kampar Yurnalis, Kepala Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kampar beserta pengurus, seluruh Camat se-kabupaten Kampar.

Dalam rapat, Ahmad Yuzar berharap seluruh kecamatan harus menyertakan kafilahnya sebanyak mungkin untuk dapat di seleksi sebagai wakil Kafilah Kampar yang akan mewakili Kontingen Kampar pada perhelatan MTQ tingkat Provinsi Riau yang tidak akan lama lagi pelaksanaannya.

Lebih lanjut, Ahmad Yuzar juga menjelaskan bahwa kegiatan tahunan tersebut, direncanakan akan di mulai pada tanggal 12 s/d 18 Maret 2023 dan di pusatkan di Lapangan Sepak Bola Desa Pulau Payung Kecamatan Rumbio Jaya.

Hal ini dilaksanakan secara cepat, mengingat juga persiapan kabupaten kampar dalam mengikuti MTQ tingkat Provinsi Riau ke-41 di rencanakan akan di gelar di Indragiri Hulu pada bulan Mei 2023 mendatang.

Ahmad Yuzar mengharapkan agar panitia lokal untuk mempersiapkan seluruh yang menjadi kewenangannya. Di mana dalam hal ini yang utama adalah terkait astaka utama, pemondokan, persiapan lokasi dan agenda pembukaan dan pawai Taaruf.

Sementara untuk para Camat yang hadir, Yuzar juga minta agar mengikuti 12 Cabang yang dilaksanakan panitia. Dengan mengikuti 12 cabang, berarti setiap kecamatan minimal mengirim sebanyak 40 kafilah atau peserta.

Sementara itu Camat Rumbio Jaya Ramzi, S.Pdi,M.Si selaku tuan rumah, dalam rapat tersebut menyampaikan bahwa sampai saat ini kami telah melakukan berbagai persiapan.

Menurut Ramzi, dalam pelaksanaan Mtq nantinya khusus untuk pembukaan, dan Astaka Utama dipusatkan di lapangan sepak bola Desa Pulau Payung. Sementara pawai taaruf juga dilokasi yang sama dengan jarak tempuh lebih kurang 3 KM.

Sementara untuk pemondokan Kafilah, panitia juga telah menyediakan sebanyak 42 rumah pemondokan dari rumah-rumah warga, sebanyak 12 pemondokan untuk dewan hakim serta 1 rumah untuk singgah Pj Bupati Kampar.

Editor: Fahrul Rozi/Penulis: M.Amrin Hakim

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews