UKPBJ Kuansing Imbau OPD Segerakan Usulan Lelang Kegiatan

Kabag Pengadaan Barang dan Jasa Setdakab Kuansing, Toto Pristiwandoyo

LAMANRIAU.COM, TELUKKUANTAN – Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ) Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) mengimbau semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk menyegerakan pengusulan lelang kegiatan dan tidak perlu mengulur-ulur waktu lagi. Semakin cepat usulan lelang kegiatan disampaikan, hasilnya pun akan semakin baik. 

Hal ini disampaikan Kabag Pengadaan Barang dan Jasa Setdakab Kuansing, Toto Pristiwandoyo ketika dihubungi di ruang kerjanya baru-baru ini.

Saat ini, kata Toto, pihaknya sedang menunggu usulan masing-masing OPD, karena masing-masing OPD memiliki akun dan password untuk menginput Rencana Umum Pengadaan (RUP) di Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SIRUP), sesuai tugas Pengguna Anggaran (PA).

“Tugas kami mengingatkan memang benar, membantu boleh, tapi menginput dan menayangkan paket pekerjaan di RUP seperti “paket pekerjaan pengaspalan jalan,” merupakan kewajiban dan tugas PA di OPD,” ujarnya.

Setelah validasi Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) oleh Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) untuk RUP, segera diinput oleh OPD. Jika sudah tayang RUP dan masuk usulan tender ke Unit Layanan Pengadaan (ULP), maka langsung tender. Tapi untuk mengusulkan tender, sudah barang tentu harus dilakukan survey untuk penyusunan draf dokumen tender terlebih dahulu oleh OPD.

“Masing-masing OPD sudah memiliki akun PPK di LPSE Kuansing. Kalau untuk belanja dapat melalui tender/tender cepat, bela pengadaan, e-katalog dan untuk ATK, makan minum/catering, pakaian dinas dan pekerjaan aspal serta beton sudah dapat mempergunakan e-katalog lokal,” ujarnya.

Untuk mengantisipasi agar pengerjaan kegiatan (proyek) tidak telat, ULP meminta semua OPD Pemkab Kuansing, untuk menyegerakan usulan tender, terutama kegiatan fisik.

“Kami minta kepada OPD mempercepat pengajuan usulan tender kegiatan fisik,” katanya.

Meski tidak ada batasan waktu, namun menurut Toto, sebaiknya untuk mempercepat pelaksanaan tender, supaya nanti kegiatan dapat selesai tepat waktu.

“Kalau bisa ya secepatnya usulan dimasukkan, supaya nanti pekerjaan di lapangan selesai sesuai target khususnya yang dari APBD murni 2023 ini,” jelasnya.

Untuk peralatan pendukung dan sistem IT di ULP, Toto mengatakan saat ini dalam kondisi baik. Diharapkan, selama berlangsung proses pelelangan tidak ada masalah yang berarti.

“Sampai saat ini belum ada satu pun OPD yang mengajukan usulan untuk kegiatan fisik,” pungkasnya.***

Editor: Suharman

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *