Kampar  

Akhirnya, Perdana Buat Kabupaten Kampar Menjadi Tuan Rumah HKIN 2023

lamanriau

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Kabupaten Kampar, Provinsi Riau akan menjadi tuan rumah Hari Keterbukaan Informasi Nasional (HKIN) 2023. Rapat koordinasi ini tentang penetapan waktu, tempat, penetapan logo beserta tema dan penetapan buku panduan kegiatan Hari Keterbukaan Informasi Nasional (HKIN)2023. Puncak HKIN pada 4 Mei 2023 mendatang yang akan dilangsungkan di Stadion Tuanku Tambusai Bangkinang.

Sebagai informasi tambahan, Kabupaten Kampar terpilih menjadi tuan rumah HKIN 2023 ini melalui rapat pleno yang digelar di Bogor pada 26 Januari 2023 lalu.

Untuk mematangkan persiapan HKIN 2023 ini, ketua Komisi Informasi (KI) Pusat Donny Yoesgiantoro, MM.M.Pa bersama rombongan langsung datang ke Kampar menggelar rapat koordinasi persiapan dengan Pj Bupati Kampar, Dr. H. Kamsol di Balai Bupati Kampar, Jumat 3 Februari 2023. Rapat koordinasi ini dipimpin Kamsol.

Kamsol Mengtakan Rangkaian agenda kegiatan akan ditetapkan hari Kamis pagi, 4 Mei 2023 yang merupakan puncak acara Hari Keterbukaan Informasi Nasional tahun 2023. Setelah itu Rundown acara tersebut, sudah ditetapkan melalui rapat koordinasi hari ini dengan Ketua KI Pusat beserta rombongan yang juga menetapkan logo dan tema.

Acara HKIN 2023 di Kabupaten Kampar ini akan dihadiri oleh Kemendagri, Menteri Kominfo RI dan bupati/wali kota se- Indonesia. Dan untuk kehadiran Presiden Jokowi, Pj Bupati Kampar mengungkapkan belum pasti.

Pj Bupati Kampar ini mengaku bangga Kabupaten Kampar menjadi tuan rumah pada acara nasional seperti ini. Salah satu kebanggaan, pada kesempatan acara HKIN 2023 bisa mempromosikan Kampar kepada Indonesia.

“Saya merasa bangga bahwa inilah saatnya mempromosikan Kabupaten Kampar yang akan mendunia¬† maka pemerintah Kabupaten Kampar siap mensukseskan kegiatan nasional ini dengan matang, sehingga Kampar bersejarah,” tuturnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Kabupaten Kampar Yuricho Efril S.STP akan berkoordinasi untuk mensukseskan HKIN ini. Karena kata Yuricho ini merupakan kali perdana dilakukan, dan Kampar ditunjuk sebagai tuan rumah.

Usai rapat koordinasi ini, Pj Bupati Kampar mengajak rombongan dari KI meninjau beberapa lokasi yang dirasa layak untuk pelaksanaan kegiatan tersebut, diantaranya taman kota dan stadion Tuanku Tambusai. Dalam peninjauan, Stadion Tuanku Tambusai Bangkinang terpih sebagai lokasi acara HKIN 2023 ini.

Tampak dalam rapat ini Komisioner Bidang Kelembagaan Handoko Agung Saputro dan Plt. Sekretaris KIP Nunik Purwanti, Ketua KI Riau Zufra Irwan, Asisten II Setdakab Bidang Pembangunan dan Ekonomi Suhermi, ST, Kepala Dinas Komunikasi dan Persandian Yurichoo Erfil.S.STP, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kampar Ir. Zuliah Dharma, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kampar Ardi Mardiansyah.S.Stp. M.Si, Kepala Dinas Badan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah (BPKAD) Kampar Edward.SE.MM dan tamu undangan lainnya.

Sebelumnya ketua KI Pusat, Donny Yoesgiantoro mengatakan bahwa rapat koordinasi ini merupakan penetapan tempat dan tanggal acara puncak HKIN 2023 dengan mengundang Presiden RI atau Wakil Presiden RI serta Menteri Kominfo RI.

Editor: Fahrul Rozi/Penulis: M.Amrin Hakim

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews