Gelar Coklit di Rumah Ketua KPU Provinsi Riau

Kegiatan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data pemilih tetap Pemilu Tahun 2024 di kediaman Ketua KPU Riau, Ilham M Yasir di Perumahan Naga Mas, Jalan Naga Sakti III, Binawidya, Pekanbaru, Selasa (14/02/2023).

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Anggota KPU Kota Pekanbaru Zulfajri, PPK Binawidya Sepriazis, Tego Lasono, Ravi Santoso, Zainal Bahri bersama Panwascam Irwan Yuliadi dan PKD Zulkifli serta PPS Kelurahan Binawidya mendampingi Pantarlih Walhendri melaksanakan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) di rumah Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau Riau, Ilham M. Yasir di Perumahan Naga Mas, Jalan Naga Sakti III Pekanbaru, Selasa 14 Februari 2023 pagi.

Kegiatan coklit yang dilaksanakan di kediaman Ketua KPU Riau tersebut berjalan dengan aman dan lancar. Pelaksanaan coklit ini juga bertepatan dengan momen menyambut satu tahun jelang pelaksanaan Pemilu Serentak Tahun 2024.

Alhamdulillah pagi ini Selasa 14 Februari 2023 momen menyambut satu tahun sebelum Pemilu 14 Februari 2024 kami bisa mendampingi Pantarlih TPS 19 Kelurahan Binawidya Kecamatan Binawidya Kota Pekanbaru untuk melaksanakan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) pemilih pada pemilu 2024 di rumah Ketua KPU Riau Bapak Ilham M Yasir yang beralamat di Perumahan Naga Mas jalan Naga Sakti III,” kata Anggota KPU Pekanbaru, Zulfajri.

Coklit diawali dengan menyambangi kediaman tokoh di Riau. “Coklit kita lakukan di rumah Ketua KPU Riau. Adapun maksud dan tujuannya yakni agar bisa menjadi contoh bagi masyarakat dalam menyukseskan tahapan ini,” tutur Zulfajri.

“Harapannya dengan di coklitnya para tokoh Riau ini, masyarakat dapat melihat dan ikut juga dalam proses pencoklitan oleh petugas pantarlih yang akan datang ke kediaman mereka,” pungkasnya.

Sementara itu, Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwaslucam) Binawidya, Irwan Yuliadi menyebut, Panwaslu Kelurahan sesuai aturan yang berlaku melaksanakan pengawasan proses yang dilakukan oleh Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih).

“Adapun yang diawasi yakni mengawasi proses pencocokan dan penelitian data pemilih, mengawasi prosedur dan tata cara Coklit, dan memberikan saran perbaikan secara lisan/tertulis apabila ada yang perlu diperbaiki,” sebutnya.

Lebih lanjut Irwan mengatakan, jadi dengan adanya pengawasan terhadap proses yang dilakukan Pantarlih ini nantinya diharapkan data pemilih betul-betul akurat.

“Sehingga data pemilih pada Pemilu 2024 betul-betul akurat dan warga negara Indonesia dapat menggunakan hak memilih pada Pemilu 2024,” katanya.

Ketua Divisi SDM KPU Riau, Nugroho Noto Susanto menambahkan dalam upaya memasifkan informasi Coklit ke warga, memang KPU berkomunikasi ke tokoh masyarakat, dan juga tokoh pemerintahan untuk dilakukan coklit.

“KPU Kabupaten dan Kota sudah koordinasi dengan Forkompinda, Tokoh masyarakat untuk dilakukan Coklit,” tambahnya. ***

Editor: Fahrul Rozi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews