Nisfu Syaban 2023 Berapa Hari Lagi? dan Apa Itu Nisfu Syaban?

LAMANRIAU.COM

LAMANRIAU.COM, KAMPAR –  Malam Nisfu Syaban adalah salah satu malam yang mulia dan dinantikan oleh kaum muslim, mengingat keutamaannya yang luar biasa. Pada malam Nisfu Syaban atau malam 15 Syaban, diyakini semua dosa setiap manusia akan dihapuskan dan diampuni oleh Allah SWT bagi siapapun yang bertaubat.

Mengingat hal tersebut, umat Islam dianjurkan mengerjakan sejumlah amalan, seperti puasa hingga salat sunnah Nisfu Syaban. Lantas, kapan malam Nisfu Syaban 2023? Berikut informasinya

Nisfu Syaban 2023 Berapa Hari Lagi?

Berdasarkan Kalender Hijriah Indonesia tahun 2023 M oleh Direktorat Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kementerian Agama (Kemenag) RI, tanggal 1 Syaban 1444 H atau 2023 bertepatan dengan hari Rabu, 22 Februari 2023. Maka dari itu, malam Nisfu Syaban jatuh antara Selasa, 7 Maret 2023 dan Rabu, 8 Maret 2023.

Artinya, malam Nisfu Syaban 2023 akan jatuh antara 5 atau 6 hari lagi. Untuk itu, pada malam hari tanggal 7 dan Maret 2023, kaum muslim bisa mengerjakan sejumlah amalan untuk mendapatkan keutamaan yang luar biasa.

Doa Malam Nisfu Syaban

Terdapat doa khusus yang bisa diamalkan umat Islam pada malam Nisfu Syaban. Adapun doa yang dapat dilafalkan pada malam Nisfu Syaban ini untuk memohon kepada Allah SWT perihal umur yang panjang, murah rezeki, dan iman Islam yang semakin baik dan meningkat.

Berikut doa malam nisfu syaban yang bisa diamalkan :

  • Allâhumma yâ dzal manni wa lâ yumannu ‘alaik, yâ dzal jalâli wal ikrâm, yâ dzat thawli wal in’âm, lâ ilâha illâ anta zhahral lâjîn wa jâral mustajîrîn wa ma’manal khâ’ifîn.
  • Allâhumma in kunta katabtanî ‘indaka fî ummil kitâbi syaqiyyan aw mahrûman aw muqtarran ‘alayya fir rizqi, famhullâhumma fî ummil kitâbi syaqâwatî wa hirmânî waqtitâra rizqî, waktubnî ‘indaka sa’îdan marzûqan muwaffaqan lil khairât.
  • Fa innaka qulta wa qawlukal haqqu fî kitâbikal munzal ‘alâ lisâni nabiyyikal mursal, yamhullâhu mâ yasyâ’u wa yutsbitu, wa ‘indahû ummul kitâb” wa shallallâhu ‘alâ sayyidinâ muhammad wa alâ âlihî wa shahbihî wa sallama, walhamdu lillâhi rabbil ‘alamîn.

Amalan Malam Nisfu Syaban

Terdapat sederet amalan yang bisa dikerjakan umat Islam pada malam Nisfu Syaban untuk meraih keutamaan pada salah satu malam yang mulia ini. Adapun sejumlah amalan ini merupakan amalan yang dikerjakan Rasulullah SAW pada bulan Syaban maupun malam Nisfu Syaban.

  • Memperbanyak doa kepada Allah SWT.
  • Membaca dua kalimat syahadat sebanyak-banyaknya, yaitu “La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah.” Dua kalimat syahadat ini dapat dibaca kapan saja dan di mana saja, terutama pada malam Nisfu Syaban.
  • Memperbanyak istighfar dan memohon ampun kepada Allah SWT atas segala kesalahan dan dosa yang telah diperbuat. Menempatkan diri serendah-rendahnya untuk mendapatkan ampunan dan pintu maaf dari Allah.

Editor:  Fahrul Rozi/Penulis: M.Amrin Hakim

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews