Riau  

Dua Tokoh Sentral Riau Meninggal Dunia Hari Ini

Ramlan Zas dan Asral Rahman

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Hari ini kabar duka tengah menyelimuti Provinsi Riau. Dua tokoh sentral yakni H Ramlan Zas dan H Asral Rahman meninggal dunia. Ucapan duka mengalir di berbagai platform media sosial, Jumat 03 Maret 2023 pagi.

Kabar duka pertama datang dari politisi senior Partai Golkar yang juga mantan Bupati Rokan Hulu periode 2001-2006, Ramlan Zas. Ia meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad, Jumat dini hari sekira pukul 00.30 WIB.

Diketahui kondisi kesehatan yang semakin menurun sejak beberapa tahun terakhir pasca keluar daru rumah tahanan Lapas Kelas II A Pekanbaru, membuatnya terbaring sakit dan hanya melaksanakan aktivitas di dalam rumah.

Jenazah Ramlan Zas rencananya akan dimakamkan di Lubuk Bendahara, Rokan IV Koto, Kabupaten Rokan Hulu.

Semasa hidupnya, Ramlan Zas sendiri sudah tak asing bagi masyarakat Riau. Ia sempat menjabat sebagai Ketua DPD  Golkar Riau dan hingga saat ini masih menjabat sebagai Dewan Penasihat Partai Golkar Riau.

Selain itu, Ramlan juga dikenal sebagai sosok tempat bertanya dan mengadu para politisi dan masyarakat. Sehingga banyak yang menyebut Ramlan sebagai guru politik.

Ketua DPRD Riau, Yulisman mengatakan, Ramlan Zas adalah sosok yang bisa disebut sebagai guru politik dan tempat masyarakat mengadu.

“Beliau itu jenius dan punya pemikiran untuk kemajuan Riau, terutama kampung halamannya Rokan Hulu, ini duka bagi Riau, karena kehilangan sosok penting,” ujarnya.

Pada tanggal 23 Maret 2007, Ramlan Zas ditahan oleh Kejaksaan Neheri Pasir Pengaraian dalam kasus korupsi APBD Rokan Hulu 2003 senilai Rp9,5 miliar. Namun sejak 24 Februari 2008, Ramlan Zas justru menghilang dan ditetapkan sebagai buronan oleh Kejaksaan Tinggi Riau.

Pada 20 April 2012, Ramlan Zas berhasil ditangkap tim Kejaksaan Agung di Bandara Soekarno Hatta Jakarta. Sejak itu Ia kembali ditahan di Lapas Kelas II A Pekanbaru selama 4,5 tahun.

Sementara itu pagi tadi sekitar pukul 07.56 WIB, kabar duka juga muncul dari keluarga mantan Kepala Dinas (Kadis) Kehutanan Provinsi Riau Asral Rachman. Mantan terpidana kasus penerbitan izin usaha pengelolaan hasil hutan itu, menghembuskan nafas terakhir di rumah miliknya di Jalan Hangtuah Pekanbaru.

Asral Rahman sebelumnya ditahan oleh KPK dalam kasus yang sama menjerat Gubernur Rusli Zainal, mantan Bupati Siak Arwin AS, mantan Bupati Pelalawan Tengku Azmun Jakfar, mantan Bupati Kampar Burhanudin Husin dan mantan Kadis Kehutanan Riau Syuhada Tasman. ***

Editor: Fahrul Rozi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *