BKPSDM Kota Pekanbaru Hadiri Forum Perangkat Daerah BPSDM Provinsi Riau

Forum Perangkat Daerah BPSDM Provinsi Riau Tahun 2023, Senin (13/03/2023).

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Pekanbaru menghadiri undangan Forum Perangkat Daerah BPSDM Provinsi Riau Tahun 2023 yang dilaksanakan pada Senin 13 Maret 2023.

Kegiatan yang digelar di Aula Balai Tuah Karya Abdi Negara BPSDM Provinsi Riau turut dihadiri seluruh Stakeholder terkait dan Aparatur Sipil Negara (ASN) dari BKPSDM 12 Kabupaten/Kota di Provinsi Riau.

“Tujuan pelaksanaan Forum ini yaitu untuk menyelaraskan, mempertajam indikator serta target kinerja program dan kegiatan pengembangan sumber daya manusia Aparatur Provinsi Tahun 2024,” kata Kepala BKPSDM Kota Pekanbaru, Baharudin.

Selain itu, kegiatan Forum Perangkat Daerah yang diselenggrakan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Riau juga dihadiri oleh Komisi I DPRD Provinsi Riau, Bappedalitbang Provinsi Riau, DPD APWI Provinsi Riau, Kepala Balai Diklat Kementerian Keuangan Pekanbaru, Kepala Balai Diklat Kementerian Kehutanan Pekanbaru.

Kepala Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia Bappedalitbang Provinsi Riau Raja Juarisman, ST., M.Si memaparkan materi Prioritas dan Arah Kebijakan Pembangunan Provinsi Riau Tahun 2024. Sedangkan materi Strategi dan Arah Kebijakan Pengembangan Peningkatan Kompetensi ASN Tahun 2023 dipaparkan oleh Drs Asrizal, M.Pd, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Riau.

“Tanggapan dan saran dari seluruh peserta Forum Perangkat Daerah Provinsi Riau terhadap materi yang dipaparkan oleh masing-masing ketua kelompok diskusi sebagaimana telah dirangkum menjadi hasil keputusan kelompok diskusi,” ujarnya.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Riau, Drs Asrizal, M.Pd, mengatakan Forum OPD ini sangat penting untuk menyelaraskan program dan kegiatan Perangkat Daerah dengan usulan program dan kegiatan hasil Rencana Pembangunan Daerah Provinsi Provinsi Riau untuk Renja Perangkat Daerah.

“Serta untuk mempertajam indikator dan target kinerja program kegiatan Perangkat Daerah sesuai dengan tugas dan fungsinya. Selain untuk mempertajam indikator dan target kinerja Dinas Kesehatan Provinsi Riau, hari ini juga untuk menyerap saran dan masukan dari pemangku kepentingan (Stakeholder) atas kinerja perangkat daerah,” ujarnya.

Agenda ini terlaksana berdasarkan Permendagri Nomor 86/2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian, dan Evaluasi Pembangunan Daerah serta mengacu pada Inmendagri Nomor 52/2022 tentang Penyusunan Dokumen Perencanaan Pembangunan Daerah bagi Daerah dengan Masa Jabatan Kepala Daerah berakhir Tahun 2023 dan Daerah Otonom Baru.

Melalui Forum OPD diharapkan akan terbentuk Perumusan rancangan rencana strategis Dinas Kesehatan Provinsi Riau yang akan dituangkan dalam Berita Acara Forum Perangkat Daerah yang ditandatangani oleh perwakilan dari pemangku kepentingan yang hadir.

Sebagaimana diamanahkan Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Riau Nomor 12/2017 tentang Perubahan Peraturan Daerah Provinsi Riau Nomor 9/2009 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Tahun 2005-2025, Visi Pembangunan Jangka Panjang Daerah Provinsi Riau 2005-2025 adalah : “Terwujudnya Provinsi Riau sebagai Pusat Perekonomian dan Kebudayaan Melayu dalam Lingkungan Masyarakat yang Agamis, Sejahtera Lahir dan Batin, di Asia Tenggara Tahun 2025”.

Untuk mewujudkan visi tersebut dirumuskan 5 Misi dan Misi yang terkait langsung dengan Dinas kesehatan adalah misi pertama yaitu mewujudkan sumber daya manusia berkualitas dan berdaya saing global melalui pembangunan manusia seutuhnya. (Galeri)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews