Umum  

Kesbangpol Inhu Taja Dialog Kebangsaan Satukan Persepsi, Perkokoh Persatuan dan Kesatuan

Kegiatan Dialog Kebangsaan yang ditaja Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Senin (13/03/2023).

LAMANRIAU.COM, RENGAT – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) menggelar Dialog Kebangsaan. Acara yang berlangsung di Gedung Dang Purnama Rengat, Senin pagi 13 Maret 2023 dihadiri Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi, SE dan Wakil Bupati Inhu Drs Junaidi Rahmat, M.Si.

Acara yang dibuka oleh Bupati Inhu ini turut dihadiri unsur Forkopimda, pejabat dan kepala OPD di lingkungan Pemkab Inhu dan Camat se-kabuparen Inhu.

Narasumber dalam dialog ini adalah Mantan Danrem 031 Wirabima, Mayjen (Purn) TNI Prihadi Agus Rianto, Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Riau, Jenri S Ginting dan Pengurus Forum Pembauran Kebangsaan Prov. Riau Bidang Perencanaan dan Program, Rika Septianingsih.

Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Inhu, Bambang Indramawan selaku ketua panitia menyampaikan, dialog kebangsaan ini mengangkat tema “Membangun Mental Kebangsaan Menuju Inhu Cemerlang”.

Dialog ini, kata Bambang, Indramawan dilatarbelakangi oleh kepedulian dan perhatian Bupati Inhu dalam melihat kondisi mentalitas sebagian masyarakat yang mulai mengalami sedikit pergeseran dari nilai luhur bangsa Indonesia.

“Selain itu, mulai maraknya kasus narkoba, pelecehan seksual, kriminalitas, bunuh diri dan masalah sosial di Inhu akhir-akhir ini turut menjadi perhatian terlaksananya kegiatan ini,” ungkap Bambang.

Lebih jauh disampaikannya, dialog ini dimaksudkan untuk menyatukan persepsi dan meningkatkan wawasan nilai kebangsaan kepada masyarakat agar dapat memperkokoh Persatuan dan Kesatuan sehingga tidak ada lagi pergeseran dari nilai bangsa dan terbentuknya mentalitas masyarakat berkebangsaan demi mewujudkan Inhu Cemerlang.

Sementara itu, Bupati Indragiri hulu, Rezita Meylani Yopi, SE mengawali sambutannya meenjelaskan kegiatan ini merupakan momen silaturahmi yang diharapkan dapat membentuk karakter dan mental generasi muda yang mampu memberi sumbangsih nyata dalam mengisi pembangunan bangsa khususnya di Kabupaten Inhu.

Bupati berpesan kepada para peserta untuk mengikuti kegiatan dengan sungguh-sungguh. Dan setelah kegiatan ini, dapat menerapkan ilmu yang didapat sehingga yang diharapkan ada kegiatan ini yakni terwujudnya kesadaran diri dan mentalitas yang kuat dalam diri sebagai anak bangsa yang membawa perubahan demi mewujudkan Inhu cemerlang dapat dicapai. ***

Editor: Fahrul Rozi/Penulis: Asrul Hadi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews