Resmi Dibuka, MTQ ke-52 Tingkat Kabupaten Inhu Tahun 2023

Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi secara resmi membuka pelaksanaan MTQ ke-52 tingkat Kabupaten Inhu Tahun 2023 di GOR Sultan Mahmudsyah, Pematang Reba, Rengat Barat, Selasa (14/03/2023) malam.

LAMANRIAU.COM, RENGAT – Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) ke-52 Tahun 2023 resmi dibuka oleh Bupati Rezita Meylani Yopi, SE Selasa 14 Maret 2023 malam. Acara pembukaan turut dihadiri Wakil Bupati Junaidi Rachmat, unsur Forkopimda, para pejabat, camat serta tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat.

Selain itu, juga hadir sejumlah tamu undangan dari Provinsi Riau diantaranya Kakanwil Kemenag Riau, Ketua LPTQ Riau dan Ketua IPQAH Riau.

Meski lokasi MTQ di areal GOR Sultan Mahmudsyah Pematang Reba Kecamatan Rengat Barat diguyur hujan sejak sore, tidak menyurutkan antusias warga memadati areal. Terlihat ribuan masyarakat Inhu larut dalam kemeriahan malam acara pembukaan MTQ ke-52.

Rangkaian pembukaan diawali dengan penampilan Rebana dari BKMT Inhu dan dilanjutkan dengan defile kafilah dari 14 kecamatan se-Inhu.

Bupati Inhu Rezita Meylani, SE dalam sambutannya mengatakan, sebagai agenda tahunan pemerintah daerah, MTQ merupakan upaya untuk memahami arti, makna dan kandungan Alquran sekaligus upaya melahirkan generasi yang intelektual dan berakhlak qurani.

“Inilah menjadi bagian terpenting dari penyelenggaraan MTQ bahwa bukan hanya pembangunan fisik, pemerintah daerah tetap berkomitmen terhadap pembangunan bidang keagamaan,” jelasnya.

Bupati mengapresiasi dukungan pemerintah desa di mana saat ini seluruh desa telah dibentuk rumah tahfidz berikut honor bagi pengajarnya dengan anggaran bersumber dari APBDes.

Penghargaan juga disampaikan Bupati Rezita kepada pihak BUMN, BUMD dan perusahaan swasta yang turut berkontribusi guna menghadirkan kemeriahan dan kesuksesan MTQ ke-52 ini.

“Karena, suksesnya kegiatan ini akan menjadi tolok ukur terkait kesiapan Inhu bertindak selaku tuan rumah MTQ tingkat Provinsi Riau beberapa bulan kedepan,” jelasnya lagi.

Pada kesempatan itu, Bupati Rezita turut menerima simbolis jaminan sosial bagi 421 official dan kafilah MTQ dari BPJS Ketenagakerjaan, serta Kartu e-Money dari BRK Syariah kepada pemerintah daerah.

Serangkaian pembukaan malam itu ditutup dengan penandatanganan prasasti Astaka Utama MTQ ke-52 oleh Bupati Rezita Meylani, SE, dan dilanjutkan dengan peninjauan ke stand pameran dari kecamatan dan OPD lainnya. ***

Editor: Fahrul Rozi/Penulis: Asrul Hadi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews