PMI Kota Pekanbaru Berhasil Kumpulkan 2.300 Kantong Darah

Tim PMI Kota Pekanbaru bersama relawan Covid-19 saat menggelar kegiatan "Gerakan 3.000 Kantong Darah" di hotel Furaya Pekanbaru.

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Pekanbaru bersama relawan Covid-19 menggelar kegiatan “Gerakan 3.000 Kantong Darah” selama lima hari di hotel Furaya Pekanbaru. Kegiatan yang dimulai dari tanggal 13-17 Maret 2023 tersebut, hanya mampu mengumpulkan sekitar 2.300 lebih kantong darah.

“Hari ini dan lima hari kemarin, kami sudah mengadakan gerakan 3.000 kantong donor darah sebagai persiapan di bulan Ramadhan nanti. Kami melaksanakan kegiatan ini bersama relawan covid-19, dan Alhamdulillah, dari 3.000 kantong yang ditargetkan, sudah terkumpul sekitar 2.300 lebih,” jelas Ketua PMI Kota Pekanbaru Abdul Jamal, Jumat 17 Maret 2023.

Abdul Jamal yang juga Plt Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru tersebut menjelaskan, kebutuhan darah untuk kota Pekanbaru dalam satu bulan cukup tinggi yakni mencapai 6.000 kantong perbulan.

“Kebutuhan darah di Pekanbaru cukup signifikan, mencapai 6.000 kantong setiap bulan untuk 32 rumah sakit yang ada di Pekanbaru. Apalagi kita akan menghadapi bulan Ramadhan dan umat Islam berpuasa, itu akan sulit dilaksanakan. Oleh karena itu, kami mengajak dinas, instansi, paguyuban dan masyarakat agar rutin mendonorkan darahnya, itu harapan kami,” kata Abdul Jamal.

PMI Kota Pekanbaru sendiri harus mencari 200 kantong darah setiap harinya, untuk hal ini siap untuk bekerjasama dengan berbagai pihak dalam menjalankan kegiatan donor darah dan menyediakan pelayanan di berbagai tempat. ***

Editor: Fahrul Rozi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews