PWM Riau Tetapkan 23 Maret Muhammadiyah Mulai Puasa

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Masyarakat Muhammadiyah akan mulai melaksanakan ibadah puasa Ramadan 1444 H mulai tanggal 23 Maret 2022 mendatang.

Hal itu sesuai yang disampaikan Maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah tentang penetapan hasil Hisab Ramadan, Syawal dan Zulhijjah.

Penetapan tersebut merupakan hasil hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

“Insyaallah, 1 Ramadan 1444 H akan jatuh pada Kamis 23 Maret 2023, dan 1 Syawal akan bertepatan pada 21 April 2023. Sedangkan 1 Zulhijjah jatuh pada 19 Juni 2023. Maka dengan demikian Hari Arafah atau 9 Zulhijjah jatuh pada 27 Juni dan hari raya Iduladha 10 Zulhijjah bertepatan dengan tanggal 28 Juni 2023,” kata Dr Hendri Sayuti MAg, Ketua PW Muhammadiyah Riau terpilih hasil Musywil Ke-26, Sabtu 18 Maret 2023.

Pada kesempatan itu, Hendri Sayuti mengajak seluruh umat muslim, terutama yang ada di Provinsi Riau, untuk menjadikan Ramadan tahun ini sebagai Ramadan terbaik.

Jika terjadi perbedaan penepatan jatuhnya Ramadan atau Iduladha antara Muhammadiyah dengan ormas dan pemerintah, Hendri mengingatkan untuk saling menghargai karena hal itu sudah lumrah terjadi di Indonesia.

“Dan inilah cara kita beragama di Indonesia yang sangat moderat dan saling menghargai. Tidak boleh kita menyatakan selain pada yang kita yakini adalah sesuatu menyimpang,” cakap dosen UIN Suska Riau itu.

Editor: Fahrul Rozi/Penulis: M.Amrin Hakim

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *