Fenomena Hujan Es Batu Gegerkan Warga Pekanbaru

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Fenomenan Hujan es batu di Kota Pekanbaru membuat warga gempar. Fenomena hujan es ini terjadi pada Sabtu, 25 Maret 2023 sekitar pukul 16.00 WIB.

Salah seorang warga, Depi, mengaku hujan es ini baru pertama kali dilihatnya. Hujan deras disertai angin kencang dan juga turunnya butiran-butiran es.

“Benar, ada hujan es di depan toko. Saya berpikiran ini apa kemudian didekati ternyata butiran-butiran es batu yang jatuh,” ujar Depi.

Adapun kawasan yang terjadi hujan es yakni Jalan HR Subrantas Pekanbaru. Depi menyebutkan warga lain juga kaget mengetahui adanya butiran-butiran es batu.

“Banyak sekali ini butiran-butiran es batu yang berjatuhan,” jelasnya.

Forecaster On Duty BMKG stasiun Pekanbaru Yasir Prayuna menanggapi hujan es yang terjadi di sejumlah wilayah di Pekanbaru. Menurutnya hujan es terjadi karena cuaca panas yang cukup tinggi.

“Fenomena hujan es yg terjadi hari ini disebabkan oleh pemanasan yang cukup tinggi, dimulai dari pagi, siang hingga sore hari. Sehingga proses pembentukan awan menjadi masif,” jelas Yasir Prayuna.

Dikatakannya, hujan es batu ini terjadi pada masa transisi dari musim panas ke hujan maupun sebaliknya. Hujan es juga disertai angin puting beliung.

Adapun wilayah yang terpantau hujan es batu diantaranya di kawasan Panam, Arengka dan Marpoyan Damai.

BMKG Stasiun Pekanbaru juga mengeluarkan peringatan dini, waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kampar, Kuantan Singingi, Pelalawan, Siak, Indragiri Hulu, dan Indragiri Hilir pada pagi, siang dan sore hari.

Ditambahkannya, untuk suhu udara Riau hari ini berada di angka 23.0 – 32.0 °C dengan kelembapan udara 58 – 99 %. Sementara arah angin berhembus ke Barat – Utara dengan kecepatan 10 – 30 km/jam.

Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.50 – 1.25 m  (rendah).

Editor : Fahrul Rozi/Penulis: M.Amrin Hakim

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *