Ribuan Mahasiswa Unri Protes UU Cipta Kerja ke Kantor DPRD Riau

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Seribuan massa mahasiswa Universitas Riau (Unri) mendatangi gedung DPRD Provinsi Riau pada Kamis sore 30 Maret 2023. Mereka memprotes atas disahkannya UU Cipta Kerja oleh DPR RI. Beberapa spanduk yang dibentangkan mahasiswa berbunyi “Cicak diam-diam merayap!!! DPR diam-diam mengesahkan UU Ciptaker”.

“Di dalam UU Ciptaker masih banyak pasal-pasal karet. Maka hari ini kita turun mengingatkan bahwa Indonesia tidak baik-baik saja,” ucap orator Aliansi Mahasiswa Unri.

Penolakan UU Ciptaker tidak kali ini saja menuai penolakan dari kalangan mahasiswa. Pada tahun 2020 demo besar-besaran juga terjadi di Kota Pekanbaru. “Bukan pertama kali kita menolak. Tahun 2020 kita tolak juga dalam aksi besar. Pasal-pasal kontroversi masih ada di dalam UU Ciptaker,” tutur mahasiswa.

DPR secara resmi menyetujui Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 2/2022 tentang Cipta Kerja menjadi Undang-undang.

Persetujuan diambil dalam Rapat Paripurna ke-19 masa sidang IV tahun sidang 2022-2023 di kompleks parlemen, Selasa 21 Maret lalu, Rapat pengesahan Perppu Ciptaker turut dihadiri pemerintah yang diwakili Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. ***

Editor: Fahrul Rozi/Penulis: M.Amrin Hakim

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews