Kilang Milik Pertamina RU II Dumai Meledak

Kobaran api terlihat menyala dari dalam lokasi Pertamina RU II Dumai di Jalan Putri Tujuh, Sabtu (01/04/2023).

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Kilahg milik Pertamina RU II Dumai di Jalan Putri Tujuh Kota Dumai mengalami ledakan keras yang mengakibatkan sejumlah rumah di sekitar lokasi dilaporkan rusak parah, Sabtu 01 April 2023 malam.

Ledakan terjadi sekitar pukul 22.40 WIB, dan informasinya berasal dari dalam Kilang Pertamina RU II. Seorang warga yang tinggal dekat lokasi mengaku ledakan dahsyat membuat rumahnya dan rumah tetangga berantakan.

Sejumlah warga yang tinggal dekat area Kilang Pertamina tampak panik dan takut terjadinya ledakan susulan dari dalam kilang.

“Kami kaget mendengar ledakan dan berhamburan keluar rumah, sebab kaca rumah saya ikut pecah,” ujar Bobby warga Kelurahan Tanjung Palas, yang tidak jauh tinggal dari lokasi kilang. 

Hal sama juga dirasakan oleh warga di Kelurahan Jaya Mukti yang berada di sekitar kilang sempat berhamburan ke luar rumah karena mengira getaran yang mereka alami akibat gempa bumi.

Pihak Kepolisian Resort Dumai juga telah melakukan penjagaan dan mengatur lalulintas karena banyaknya warga yang datang ke lokasi untuk menyaksikan kejadian tersebut.

Belum diketahui pasti, apa yang meledak dan penyebab ledakan terjadi. Namun dari rekaman video yang beredar di luar kilang terlihat kobaran api besar dari dalam kilang.

Kapolres Dumai, AKBP Nurhadi Ismanto membenarkan ada ledakan. Bahkan dia sudah berada di tempat kejadian perkara (TKP).

Selain korbaran api, terlihat adanya plang bertuliskan kawasan minyak bertegangan tinggi. Di lokasi itu juga tertulis dilarang mendirikan bangunan dan sejenisnya.

“Iya (dapur kilang Pertamina RU II Dumai meledak). Ini lagi di TKP,” tegas Kapolres.

Terkait korban, Nurhadi masih belum bisa memastikan. Namun melihat dari kobaran api, diduga ada korban.

“Kemungkinan ada (korban). Ini masih akan dipastikan, nanti dikabarin lagi,” kata Nurhadi. ***

Editor: Fahrul Rozi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *