Ledakan Pertamina RU II Dumai, Hanya 5 Orang Korban Terkena Pecahan Kaca

Kobaran api terlihat menyala dari dalam lokasi Pertamina RU II Dumai di Jalan Putri Tujuh, Sabtu (01/04/2023).

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Ledakan di kilang minyak milik Pertamina Unit II Dumai di Jalan Putri Tujuh Kota Dumai, Sabtu 01 April 2023 malam, telah berhasil dipadamkan setengah jam setelah kejadian sekitar pukul 22.40 WIB.

General Manager PT Kilang Pertamina Indonesia (KPI) RU II Dumai Didik Subagyo dalam keterangan persnya mengatakan, ledakan dahsyat mengakibatkan 5 orang karyawan di Bagian First Aid terluka terkena pecahan kaca shelter operator.

Sehubungan dengan kejadian tersebut, pihak Pertamina telah mengambil upaya dan langkah penyelamatan. Ledakan di kilang Pertamina Dumai terjadi di Area Make Up Gas Compressor HCU-211.

“Telah dilakukan pemadaman dan pengamanan area Unibon 211 dan 212. Api sudah dibisa dipadamkan pada pukul 22.54,” terang Didik.

Untuk sementata unit 211 dan 212 yang meledak dihentikan operasi sementata atau normal shutdown. Begitu juga Unit H2 Plant 701 dan 702. Sedangjan untuk unit lain tetap beroperasi seperti biasa.

“Unit yang masih normal beroperasi pada minimum feed hingga dapat disimpulkan tindak lanjutnya terkait penyusunan rencana arus minyak,” pungkas dia.

Sebelumnya ledakan dahsyat dilaporkan berdampak pada bangunan rumah warga yang berada di sekitar lokasi yakni Kelurahan Tanjung Palas dan Kelurahab Jaya Mukti.

Pihak Kepolisian Resort Dumai juga telah melakukan penjagaan dan mengatur lalulintas karena banyaknya warga yang datang ke lokasi untuk menyaksikan kejadian tersebut. ***

Editor: Fahrul Rozi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *