Riau  

Gubernur dan Wakil Gubernur Riau Serahkan Zakat di Baznas

Gubernur Riau Syamsuar menyerahkan zakat kepada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Riau di Gedung Daerah Pauh Janggi, Senin (03/04/2023).

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Gubernur Riau Syamsuar dan Wakil Gubernur Edy Natar Nasution menyerahkan zakat kepada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Riau di Gedung Daerah Pauh Janggi, Senin 03 April 2023.

Selain Gubernur dan Wakil Gubernur Riau, juga ikut menyerahkan zakat diantaranya pejabat pemerintah, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), Rektor Universitas dan Masyarakat Provinsi Riau.

“Membayar zakat adalah salah satu wujud kita sebagai hamba Allah yang beriman, selain itu dengan berzakat kita juga bisa membantu fakir miskin yang ada di Riau ini” kata Gubernur Syamsuar.

Ia menjelaskan bahwa sesuai arahan Presiden RI diharapkan pada bulan suci Ramadan ini semua kepala daerah untuk menggerakkan zakat di seluruh tanah air.

“Kegiatan hari ini tentunya sesuai apa yang diarahkan bapak Presiden,” ujarnya.

Tentunya dengan diserahkannya zakat pada tahun ini dapat diutamakan kepada warga yang tergolong miskin ekstrem, karna jika sesuai dengan syariat islam miskin ekstrem temasuk golongan fakir.

Alhamdulillah tahun ini melalui Baznas provinsi sebesar 6 miliar diserahkan kepada mustahik zakat yang ada di Provinsi Riau khususnya di prioritaskan kepada yang fakir,” terangnya.

Mantan Bupati Siak dua periode ini juga berharapkan zakat yang disalurkan kepada miskin ekstrem tepat sasaran, untuk itu diperlukan kerja sama antara Baznas Kabupaten/kota dan Pemerintah daerah untuk menetapkan warga yang tergolong miskin ekstrem.

“Diharapkan dengan zakat ini dapat membantu peran pemerintah dalam rangka menuntaskan miskin yang ekstrem sesuai harapan pemerintah pada tahun 2024 yang akan datang miskin ekstrem ini nol,” harapnya.

“Ini semua perlu kerja sama kita bersama agar terkoordinir,” pungkasnya. ***

Editor: Fahrul Rozi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *