Riau  

Ketua Bawaslu Riau: Bulan Ramadhan Momentum Beramal Bukan untuk Kampanye

Ketua Bawaslu Riau, Alnofrizal

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Riau mengingatkan dan mengimbau kepada peserta pemilu terutama bakal calon legislatif (Bacaleg) agar tidak memanfaatkan momentum bulan Ramadan sebagai ajang berkampanye.

“Kami mengingatkan untuk tetap menghargai tahapan yang berjalan. Jadi yang bisa dilakukan sekarang hanya mensosialisasikan dirinya,” kata Ketua Bawaslu Riau Alnofrizal, Senin 03 April 2023.

Alnofriza menyebutkanl, Bacaleg diharapkan untuk tetap menghargai tahapan yang berjalan. Karena belum ada Calon Legislatif yang mendaftar, maka bacaleg hanya diberikan izin untuk melakukan sosialisasi.

“Perlu diketahui, yang membedakan sosialisasi dan kampanye adalah pada ajakan memilihnya dan menyampaikan visi misi dari Calon Legislatif itu sendiri,” tambah Alnofrizal.

Alnofrizal menjelaskan saat ini tahapan pemilu sudah masuk tahap verifikasi faktual pencalonan DPD dan pemutakhiran data pemilih.

Dia menambahkan, masyarakat dapat membantu mengawasi semua proses tahapan Pemilu melalui aplikasi ‘Jarimu Awasi Pemilu’.

Melalui aplikasi itu masyarakat bisa mengirim foto dan video sebagai bukti jika ada dugaan pelanggaran kecurangan Pemilu. “Adanya indikasi politik uang itu adalah salah satu pelanggaran yang wajib diketahui masyarakat, Bawaslu tetap memaksimalkan pencegahan agar Pemilu dapat berjalan sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan,” katanya.

Namun, sampai saat ini belum ada laporan yang masuk terkait pelanggaran tersebut. Bawaslu juga sudah berkomitmen untuk mengawal berjalannya proses Pemilu.

“Sampai sekarang belum ada laporan. Tetapi tentunya kita semua berkomitmen untuk bersama mengawal jalannya proses Pemilu sebagaimana yang sama kita harapkan,” jelasnya. ***

Editor: Fahrul Rozi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *