Kampar  

Atasi Kelangkaan, Pemkab Kampar Salurkan Beras untuk 48.828 KPM

Pj Bupati Kampar Dr H Kamsol MM menyambangi warga Desa Laboy Jaya, Bnagkinang, menyerahkan bantuan sembako, Jumat (07/04/2023).

LAMANRIAU.COM, BANGKINANG – Pemerintah Kabupaten Kampar terus berupaya dalam melakukan pengendalian inflasi, apalagi dalam menghadapi bulan Suci Ramadhan 1444 H di mana kebutuhan masyarakat meningkat jika dibandingkan dari bulan-bulan sebelumnya.

Hal tersebut dibuktikan dengan penyaluran perdana bagi keluarga penerima manfaat oleh Pj Bupati Kampar Dr H Kamsol MM di Kantor Desa Laboy Jaya Kecamatan Bangkinang, Jumat 07 April 2023.

Penyaluran cadangan beras pemerintah untuk bantuan KPM di Kabupaten Kampar merupakan program dan kegiatan untuk tahun 2023. Program KPM ini untuk Kabupaten Kampar sebanyak 2.380 Kg beras yang diperuntukkan bagi 48. 828 KPM dengan perolehan masing-masing sebanyak 10 Kg.

Kegiatan perdana Pj Bupati Kampar didampingi Kadis Sosial Zamzami Hasan, SE, Msi, kadis Ketahanan Pangan Drs. Muhammad, M.Si, Camat Bangkinang Drs. Darusmar, Pimpinan Cabang Pembantu Bulog Kabupaten Kampar Ashariyanti, Perwakilan PT Pos Indonesia Kantor Cabang Bangkinang Kota selaku Penyalur, Kapolsek Bangkinang Ipda Alfan NR dan Kepala Desa Laboy Jaya R. Imam Ali Syahid, ST.

Sebanyak 1.286 paket beras dilepas untuk warga Desa Laboy Jaya. Dalam pengarahannya Pj Bupati Kamsol mengatakan, dampak inflasi cukup besar bagi kehidupan perekonomian di tengah-tengah masyarakat.

“Untuk itu Pemerintah Kabupaten Kampar telah mengambil kebijakan melalui Bulog Kabupaten Kampar untuk meluncurkan cadangan beras untuk masyarakat, yang nantinya akan disiatribusi oleh PT Pos Indonesia sebagai penyalur,” ujarnya.

Ia mengatakan berbagai kebijakan yang berfokus pada pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat diterapkan dan dievaluasi seiring dengan pemberlakuannya. Salah satu kebijakan yang diterapkan adalah penyaluran cadangan beras bantuan pangan tahun 2023.

Pemerintah Kabupaten Kampar akan terus melaksanakan penyerahan bantuan beras selama bulan suci Ramadhan dan Idul fitri di beberapa daerah untuk memastikan ketersediaan dan stabilitas harga pangan masyarakat terjaga dan merata.

Kegiatan ini merupakan agenda rutin pemerintah untuk memastikan masyarakat tercukupi bahan pokok seperti beras serta antisipasi kenaikan harga barang yang signifikan serta ketersediaan kebutuhan pokok masyarakat di bulan Ramadhan ini.

“Saya minta OPD terkait untuk dapat melakukan kegiatan ini secara terus menerus sehingga kita nantinya dapat melihat dan mendata perkembangan supplay bahan pokok di masyarakat hingga Idul fitri kedepan,”pungkasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kampar Ir Muhammad dalam sambutannya menjelaskan untuk wilayah Kecamatan Bangkinang dibagi dua tahap total keseluruhan bantuan 1286 paket.

“Untuk itu, Dinas Ketahanan Pangan terus berupaya 86 paket cadangan beras bantuan pangan 2023 di Kabupaten Kampar sehingga total 1.464.840 untuk 21 kecamatan dan 251 desa atau kelurahan terpenuhi,” katanya. (Adv)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews