Riau  

Gubri Syamsuar Berziarah Ke Makam Syeikh Abdurrahman Siddiq Tuan Guru Sapat

Gubernur Riau Syamsuar didampingi Bupati Indragiri Hilir HM Wardan melauukan ziarah ke makan Sekh Abdurrahman Siddiq Albanjari di Desa Hidayat, Kecamatan Kuindra, Inhil, Selasa (11/04/2023).

LAMANRIAU.COM, SAPAT – Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar melakukan ziarah ke makam Syeikh Al-Alimulallah Abdurahman Shiddiq bin Muhammad Afif (Datu Sapat) di Kampung Hidayat, Desa Teluk Dalam, Kecamatan Kuala Indragiri, Kabupaten Indragiri Hilir, Selasa 11 April 2023 pagi.

Dalam perjalanannya tersebut Gubri Syamsuar didampingi oleh Bupati Indragiri Hilir, HM Wardan dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Kawasan Pemukiman Pertanahan (PUPR-PKPP) Provinsi Riau, M Arief Setiawan.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Syamsuar bercerita sejarah singkat tentang kisah dari Syeikh Abdurahman Siddiq. Dia mengatakan bahwa Tuan Guru Sapat ini merupakan tokoh yang bersejarah bagi kerajaan Indragiri.

“Kami hari ini meninjau makam salah satu Raja Indragiri Syekh Al-Alimulallah Abdurahman Shiddiq bin Muhammad Afif (Datu Sapat) yang beliau ini banyak berjasa di zaman kerajaan sebelum Indonesia merdeka,” katanya.

“Beliau inikan termasuk orang yang mempunyai karomah dan ulama besar pada zamannya. Dan beliau juga pernah menjadi mufti pada waktu kerajaan Indragiri,” lanjutnya.

Orang nomor satu di Provinsi Riau menjelaskan, tempat ini merupakan satu di antara wisata religi yang terdapat pada Bumi Lancang Kuning. Menurutnya setiap tahun banyak pengunjung yang berziarah ke makam Syeikh dengan julukan Datuk Sapat.

“Dan ini adalah sebagai macam khazanah dan cagar budaya juga disini, dan ini juga termasuk lokasi daerah wisata religi di Riau. Jadi setiap tahun banyak pengunjung banyak kesini baik dalam waktu haul maupun waktu-waktu tertentu,” jelasnya.

Dengan begitu dia ungkapkan, makam ini dapat di pelihara dan di jaga bersama-sama. Dia menambahkan masyarakat pasti banyak akan mengunjungi tempat ini apabila kelengkapan infrastruktur di lokasi destinasi wisata religi memadai.

“Karena itu patut kita pelihara dan sekaligus kita berharap adanya kelengkapan infrastruktur yang dibutuhkan untuk menunjang dari lokasi destinasi wisata religi ini. Karena disekitaran ini juga banyak makam-makam ulama di zaman dahulu dan kerajaan indragiri,” ungkapnya.

Sehinggap dalam kesempatan yang sama, Mantan Bupati Siak Dua Periode tersebut menginstruksikan Kadis PUPR Riau untuk melakukan kembali pengaspalan menuju ke arah makam.

“Jalan di sini kan dikerjakan oleh Dinas PUPR Provinsi namun belum sempurna, karena itulah saya mengarahkan lagi untuk diaspal kembali supaya lebih bagus lagi,” pungkasnya.

Sebagai informasi, untuk mengunjungi destinasi wisata religi tersebut pengunjung dapat menggunakan speedboat dari Tembilahan dengan estimasi perjalanan sekitar 15 menit. ***

Editor: Fahrul Rozi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *