Kapolda Riau Pantau Langsung Karhutla Dumai dan Bengkalis

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal memantau langsung kebakaran hutan dan lahan di Kota Dumai dan Bangkalis. Iqbal mengklaim kebakaran terjadi di lahan gambut dan sudah mulai padam.

Kapolda Riau memantau kebakaran di dua kabupaten dengan helikopter dan turun langsung ke lokasi di hari lebaran ketiga. Terlihat Irjen Iqbal didampingi sejumlah pejabat utama Polda Riau ke lokasi kebakaran lahan.

“Saya sudah lihat dari atas dan masuk ke dalam. Secara umum api sudah padam 3 hari lalu, tapi karena ini gambut 4 meter, baranya ada di dalam,” kata Iqbal pada Senin 24 April 2023.

Melihat kondisi gambut yang tebal, Iqbal dan petugas gabungan Satgas Karhutla langsung melakukan pendinginan. Iqbal menyebut api bisa kembali berkobar jika ditiup angin kencang.

Lokasi kebakaran sendiri berada di daerah perbatasan antara Dumai dan Bengkalis. Dua lokasi itu memiliki gambut tebal dan sulit dipadamkan.

“Sejak tiga hari lalu upaya pendinginan. Jadi untuk lokasi ini perbatasan di Dumai dan Bengkalis, Dumai itu Medang Kampai dan Bengkalis itu di Tanjung Leban berbatasan. Lokasinya berdekatan antara dua titik yang terbakar. Ini hari keenam, memang sempat di lokasi apinya luar biasa,” kata Iqbal.

Selain proses pemadaman, petugas juga membuat kanal-kanal dan embung untuk sumber air. Iqbal optimis api bisa segera padam berkat kerjasama semua unsur di kedua daerah.

“Kita buat juga di lokasi embung, kanal dan sumber-sumber air lain. Mudah-mudahan segera padam karena semua turun, baik itu BPBD, Manggala Agni, Polda, Polres, TNI, masyarakat dan pemda setempat sudah turun semua,” jelas Iqbal.

Kebakaran lahan terjadi di Kota Dumai dan Bengkalis selama libur lebaran. Tak tanggung-tanggung, kebakaran di dua lokasi itu mencapai puluhan hektare dan menyebabkan asap pekat.

Editor: Fahrul Rozi/Penulis:M.Amrin Hakim

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *