Viral di Sosmed, Tapir Tersesat di Kantor Bupati Pelalawan Riau

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Seekor tapir terekam kamera warga masuk kawasan kantor Bupati Pelalawan, Riau. Video hewan langka yang tersesat itu pun viral di media sosial.

Terlihat tapir tersebut berlari diiringi mobil yang merekam binatang itu. Binatang pemalu itu pun berlari di jalanan kompleks perkantoran Bupati Pelalawan.

“Tesosat ni, tesosat keluo ni nak (tersesat ini, tersesat mau cari jalan keluar),” kata perekam video tersebut Pada Minggu 7 Mei 2023.

Saat direkam, tapir itu terlihat terus berlari di jalanan aspal. Tidak lama, ia lalu masuk ke area yang gelap dan hilang.

Tapir banyak ditemui di wilayah Sumatera dengan bobot rata-rata 250-320 kilogram. Bahkan ada yang beratnya mencapai 500 kilogram untuk ukuran tapir dewasa.

Penggolongan tapir sebagai hewan yang dilindungi di Indonesia terdapat dalam lampiran Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa. Sebab itulah tapir termasuk dalam hewan yang dilindungi.

Kepala Balai BKSDA Riau, Genman Suhefti Hasibuan membenarkan video tapir di kompleks kantor bupati di Pelalawan tersebut. Tim BKSDA juga sudah ke lokasi pagi ini.

“Informasi masuk tadi malam. Pagi ini tim sudah turun cek ke lokasi,” Ujar Genman.

Melihat dari rekaman beredar, binatang berwarna hitam putih itu diduga hanya melintas di lokasi. Selanjutnya masuk ke area semak belukar.

“Kalau dilihat hanya melintas saja karena di sana kan masih ada semak belukar. Belum ada kami dapat informasi kalau ditangkap, makanya dicek ke lokasi,” Ucapnya.

Diketahui, tapir tergolong dalam salah satu hewan yang dilindungi di Indonesia. Satwa yang memiliki nama ilmiah Tapirus indicus ini termasuk langka.

Editor: Fahrul Rozi/Penulis: M.Amrin Hakim

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *