Pemuda Muslimin Indonesia Provinsi Riau Ikut Majelis Syuro di Surabaya

Peserta Majelis Syuro/Kongres Nasional XVII Pemuda Muslimin Indonesia utusan dari Provinsi Riau. (Foto: Irwan Yuliadi)

LAMANRIAU.COM, SURABAYA – Pimpinan Wilayah Pemuda Muslimin Indonesia Provinsi Riau mengirim peserta untuk mengikuti Majelis Syuro/Kongres Nasional XVII di Gedung Islamic Center Surabaya, 24-26 Mei 2023. Peserta yang dikirim berjumlah 5 orang plus satu orang peninjau.

Menurut Ketua PW Pemuda Muslimin Indonesia Provinsi Riau, Toni Werdiansyah, S.Si, kelima peserta tersebut adalah dirinya sendiri selaku Ketua PW Provinsi, Irwan Yuliadi, SIP, MM (Ketua PC Kota Pekanbaru), Junaidi B Zakaria S.Pd (Ketua PC Pelalawan), Maslan (Ketua PC Rokan Hilir) dan Rendi Ananda Filta ST (Ketua PC Kuantan Singingi).

“Sedangkan satu orang peninjau atas nama Muhammad Armi Yendi. Dia adalah Bendahara PC Kuantan Singingi,” kata Toni Werdiansyah.

Toni menyampaikan keberadaan mereka dalam rangka memenuhi undangan dari Pimpinan Besar Pemuda Muslimin Indonesia dengan agenda musyawarah dan menetapkan penyempurnaan pedoman dasar, pedoman rumah tangga organisasi Pemuda Muslimin Indonesia kemudian menetapkan program kerja.

Selain itu membahas permasalahan yang berkaitan dengan kepentingan umat Islam, rakyat, bangsa dan NKRI serta memilih dan menetapkan Pengurus Harian PB, Dewan Pertimbangan dan Majlis Fatwa Pemuda Muslimin Indonesia periode 2023-2028.

“Kita berharap Kongres ini, Pemuda Muslimin Indonesia semakin besar dan memberikan kontribusi yang nyata bagi generasi muda bangsa ini,” sebut Toni.

Majelis Syuro atau Kongres Nasional Pemuda Muslimin Indonesia XVII secara resmi dibuka Presiden Lajnah Tanfidziyah Syarikat Islam diwakili Sekretaris Jenderal, Dr Ferry J Juliantono SEAk MSi, Kamis 25 Mei 2023.

Ketua Panitia Penyelenggara Kongres, Dr H Usep Nukliri melaporkan peserta kongres berjumlah 253 orang dengan rincian 24 orang Pimpinan Wilayah dan 229 Pimpinan Cabang se-Indonesia. Kegiatan dilaksanakan mulai tanggal 4-6 Dzulqaidah 1444 H/24-26 Mei 2023.

Ketua Umum Pimpinan Besar Pemuda Muslimin Indonesia, H Ervan Taufik SE dalam sambutannya menyampaikan bahwa dia terpilih pada Kongres di bulan April 2017, lebih kurang 6 tahun lalu dan menakhodai Pemuda Muslimin Indonesia masa jihad 2017-2022.

Dia juha menyampaikan bagaimana usaha yang dilakukan untuk membesarkan Pemuda Muslimin Indonesia setelah 8 tahun tidak terkelola dengan baik. Dimana 60 orang peserta Kongres di 2017 dan di tahun 2023 menjadi 253 orang peserta.

“Saya merasa bersyukur, terharu atas ikhtiar, jerih payah dalam membesarkan Pemuda Muslimin Indonesia. Kita harus berani dan bisa menjadi besar,” kata Ervan.

“Manakala dalam keadaan sulit, maka kita mampu bangkit dan itu sesuatu yang luar biasa. Ingatlah, tidak ada yang tidak mungkin karena kita bersandar kepada Lailahailallah,” tambahnya.

Ervan mengajak kepada seluruh peserta kongres turut serta mengisi kemerdekaan dengan menuangkan dalam bentuk program untuk menjaga NKRI. “Miliki impian, buat tindakan dan jadikan nyata. Selamat bermusyawarah, semoga menghasilkan kepemimpinan yang lebih baik,” pungkasnya.

Sementara itu, Presiden Pimpinan Pusat/Lajnah Tanfidziyah Syarikat Islam diwakili Sekretaris Jenderal Dr Ferry J Juliantono SE Ak MSi yang membuka Kongres dalam sambutannya menyampaikan pesan pertama, sebagai organisasi berhimpun, Pemuda Muslimin Indonesia diharapkan bisa mulai berkantor di Jakarta dan akan diproyeksikan dalam persiapan meneruskan kepemimpinan di Syarikat Islam.

Kedua, mengharapkan agar PB Pemuda Muslimin Indonesia melibatkan Haris Pertama (Ketua Umum DPP KNPI) sebagai Dewan Pembina supaya organisasi Pemuda Muslimin Indonesia bisa lebih bagus dan berkembang

Ketiga, dalam pelaksanaan Kongres agar menjaga adab, norma-norma sesuai ajaran Islam sehingga menghasilkan keputusan dan ketetapan yang baik dan kepengurusan yang baik. Keempat, menjaga keharmonisan dengan seluruh kalangan Islam.

Pembukaan kegiatan ditandai dengan pemukulan gendang oleh Sekjen Syarikat Islam Dr Ferry J Juliantono, didampingi Deputi Pemberdayaan Pemuda Kemenpora RI Prof Dr. Faisal Abdullah, SH.,M.Si.,DFM., Ketua Umum DPP KNPI Haris Pertama, Ketua Umum Pemuda Muslimin Indonesia H Ervan Taufik, SE, Asisten Administrasi Umum Setda Provinsi Jawa Timur Dr Ahmad Jazuli, SH.,M.Si, Ketua Panitia Penyelenggara Dr. H Usep Nukliri, Ketua PW Jawa Timur Ismail Abdul Rohim. ***

Editor: Fahrul Rozi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *