Rajo Bujang Juarai Pacu Jalur Rayon Pangean

Jalur Rajo Bujang dari Desa Padang Tanggung keluar sebagai juara Pacu Jalur Rayon Kecamatan Pangean 2023 di Tepian Rajo, Pangean, Minggu (11/06/2023) petang. (Foto: Suharman)

LAMANRIAU.COM, PANGEAN – Sang tuan rumah, Jalur Rajo Bujang dari Desa Padang Tanggung, Kecamatan Pangean, berhasil menjuarai Pacu Jalur Rayon Kecamatan Pangean 2023 di Tepian Rajo, Pangean, Minggu 11 Juni 2023 petang.

Pada putaran final segitiga, jalur yang disponsori Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) ini berhasil mengalahkan Jalur Langkah Siluman Buaya Danau dari Desa Sitorajo Kari, Kecamatan Kuantan Tengah. 

Sebelumnya, pada putaran pertama final segitiga itu, Jalur Rajo Bujang telah lebih dulu membuyarkan harapan Jalur Tuah Keramat Bukit Embun dari Desa Gumanti, Kecamatan Peranap, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu). 

Kesuksesan Jalur Rajo Bujang yang mampu bertengger di peringkat pertama di event Pacu Jalur Rayon Kecamatan Pangean tahun 2023 ini, awalnya tidak disangka-sangka. Prediksi dan harapan masyarakat Pangean mulai tertumpu kepada Jalur Rajo Bujang setelah berhasil memukau penonton pada hari ke tiga sejak putaran pertama sampai putaran final segitiga, dengan meninggalkan lawan-lawannya dengan jarak yang terbilang cukup jauh. 

Tidak itu saja, Jalur Rajo Bujang juga sukses memberikan tontonan menarik sebab seluruh instruktur (tukang onjai, timbo ruang dan anak joki) jalur ini lengkap mulai dari pancang start sampai pancang finish tanpa terjun atau terjatuh dari jalur saat berpacu.

Feeling Kepala BPKAD Kuansing Delis Martoni ternyata cukup jitu dalam memprediksi jalur yang akan membawa nama baik OPD yang dipimpinnya. Pada pacu hari ketiga Delis terlihat terus memompa semangat para pemacu Jalur Rajo Bujang, termasuk juga dengan cara memberikan bonus.

Salah seorang warga Pangean, Jon Hendri mengungkapkan, jalur yang dibuat oleh tukang bernama Mansur (warga Teluk Pauh Pangean) kemudian diservis/renovasi oleh tukang jalur bernama Usup (warga Rengat) juga sudah punya mental juara. Sebab menurutnya, nama Jalur Rajo Bujang dari dulu juga sudah berulangkali menempati posisi tertinggi di event-event pacu jalur rayon.***

Berikut Peringkat Pacu Jalur Rayon Pangean 2023

1. Rajo Bujang (Padang Tanggung, Pangean).

2. Langkah Siluman Buayo Danau (Sitorajo Kari, Kuantan Tengah).

3. Tuah Keramat Bukit Embun (Gumanti, Peranap, Inhu).

4. Lancang Kuning Rantau Kuantan (Pulau Panjang Hilir, Inuman).

5. Putri Bungsu Sialang Puako (Koto Tuo, Peranap, Inhu).

6. Toduang Kuantan (Tanah Bekali, Pangean).

7. Tuah Keramat Sialang Soko (Peranap, Inhu). 

8. Laskar Mudo Parisai Nagori (Pasar Baru, Pangean).

9. Putri Kayangan Danau Buayo (Banjar Alai Kari, Kuantan Tengah).

10. Lintah Djalang (Petapahan, Gunung Toar).

Penulis/Editor: Suharman

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *