Riau  

Pastikan Polisi RW Beraksi, Kapolda Riau Datangi Daerah Terluar

Kapolda Riau Irjen Pol Muhammad Iqbal melakukan dialog dengan warga dan Polisi RW 002 Desa Gogok, Kepulauan Meranti, Kamis (15/06/2023). (Foto: Yusri)

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Setelah diluncurkannya program Polisi RW di seluruh jajaran Polda Riau secara serentak pada Rabu 14 Juni 2023 kemarin, Kapolda Riau Irjen Pol Muhammad Iqbal langsung turun ke lapangan untuk melakukan pengecekan ke Pos-pos Polisi RW yang ada di daerah terluar.

Salah satunya adalah Pos Polisi RW 002 Desa Gogok Darussalam, Kecamatan Tebing Tinggi Barat, Kabupaten Kepulauan Meranti, Kamis 15 Juni 2023 siang.

Dalam kunjungan tersebut, Kapolda Riau menyempatkan diri berdialog dengan Polisi RW 002 Desa Gogok AIPTU Sutiman serta masyarakat setempat.

Kapolda Riau mengajukan berbagai pertanyaan terkait fungsi dan tugas Polisi RW. Salah satunya, Kapolda menanyakan tujuan Polisi RW dan juga permasalahan yang pernah terjadi di lingkungan RW setempat yang perlu diatasi.

“Kemudian, kegiatan apa saja yang pernah dilakukan oleh Polisi RW 002 ini?” tanya Kapolda Riau.

AIPTU Sutiman menjawab bahwa Polisi RW hadir di tengah-tengah masyarakat untuk meningkatkan pelayanan keamanan. Polisi RW diharapkan memiliki pengetahuan dalam menerapkan prinsip Community Policing, Restorative Justice, dan Akuntabilitas. Selain itu, menjelang pemilu, Polri juga berkomitmen untuk menciptakan situasi Kamtibmas yang aman dan damai di lingkungan masyarakat.

“Mengenai problem-solving di lingkungan RW setempat, contohnya adalah menyelesaikan perkelahian antar remaja dengan pendekatan kekeluargaan,” kata AIPTU Sutisman.

Kemudian, AIPTU Sutiman juga menjelaskan kegiatan yang pernah dilakukan oleh Polisi RW 002 dan RW 002 setempat.

“Izin menjawab, Jendral. Kegiatan yang pernah dilakukan oleh Polisi RW 002 dan RW 002 antara lain adalah kegiatan gotong-royong membersihkan selokan dan parit agar tidak terjadi penyumbatan pembuangan air,” kata AIPTU Sutisman.

Mendengar hal tersebut, Kapolda Riau memberikan apresiasi kepada anggota tersebut.

“Bagus, ini adalah tujuan pembentukan Polisi RW. Saya minta kamu untuk mempertahankan dan meningkatkannya,” kata Kapolda Riau.

Kepada wartawan Kapolda Riau mengatakan bahwa kedatangannya bertujuan untuk mengecek keberadaan Pos Polisi RW dan menjalankan dialog dengan masyarakat RW 002 Desa Gogok Darussalam.

“Ini adalah bukti keseriusan Polda Riau dalam merespons dan menanggapi permasalahan yang ada di tengah-tengah masyarakat. Program Polisi RW bertujuan untuk menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah terkecil dalam bidang Harkamtibmas,” kata Irjen Pol Muhammad Iqbal.

Selain pengecekan Pos Polisi RW, Kapolda Riau juga meresmikan penggunaan lapangan tembak Bhara Daksa Polres Kepulauan Meranti, yang terletak di jalan Lintas Gogok Darusalam, Kecamatan Tebingtinggi Barat.

Lapangan tembak tersebut dinamai Bhara Daksa, mengambil nama dari angkatan Akpol 1991 yang memiliki Jenderal Polisi Drs Listyo Sigit Prabowo sebagai lulusannya. Kapolda Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal juga merupakan bagian dari batalyon Bhara Daksa dan menjabat sebagai ketua alumni Akpol 1991.

Pembangunan lapangan tembak Bhara Daksa ini tidak terlepas dari peran Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Andi Yul, yang dianggap mampu berkomunikasi dan bersinergi dengan pemerintah daerah dalam menciptakan beberapa terobosan pembangunan fasilitas di Makopolres.

Kapolda Riau dalam sambutannya memberikan pujian kepada Kapolres AKBP Andi Yul yang dengan segala keterbatasan mampu menyediakan berbagai inovasi, termasuk pembangunan lapangan tembak oleh Pemkab Kepulauan Meranti.

“Menyinggung tentang Kapolres Kepulauan Meranti, di tengah keterbatasan, di tengah jauhnya hiruk-pikuk kota, jangankan ke Jakarta ke Pekanbaru saja jauh. Tapi dengan segala potensi yang ada dan dengan segala perjuangan dan semangat yang ada pada diri Kapolres, dia dapat mempersembahkan sebuah legacy yang baik, legacy yang sangat luar biasa. Bukan hanya lapangan tembak ini saja, tapi saya dengar banyak sekali ada lapangan tembak, pos penjagaan dan lain sebagainya. Kali ini saya dengan jujur mengatakan Kapolres Meranti is the best,” kata Kapolda Riau.

Sebelum meresmikan lapangan tembak, Kapolda beserta istri, Ny Nindya, dan sejumlah Pejabat Utama Polda Riau melakukan penanaman pohon Ketapang Kencana Varigata dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2023.

Sebelum rangkaian pengecekan Pos Polisi RW, Kapolda Riau beserta rombongan juga melakukan kunjungan silaturahmi ke Pondok Pesantren Darul Fikri Selatpanjang.

Kedatangan Kapolda beserta rombongan di pondok pesantren ini disambut dengan iringan sholawat oleh para santri dan santriwati.

Kapolda Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan hangat dari keluarga besar pondok pesantren Darul Fikri.

“Kunjungan ini adalah yang kedua kalinya kami ke sini. Kami berpesan kepada santri dan santriwati agar tetap semangat dalam belajar untuk mencapai cita-cita yang diinginkan,” pesannya.

Kapolda juga mengatakan bahwa dirinya merasa sangat senang berada di tengah-tengah para santri dan santriwati pondok pesantren Darul Fikri tersebut.

“Saya berharap lembaga pendidikan agama ini terus maju dan berkembang, sehingga dapat menciptakan santri yang soleh dan solehah, yang memiliki karakter Islami, dan mampu memberikan kontribusi dalam menciptakan generasi yang berakhlak baik untuk kemajuan bangsa kita,” ucap Irjen M. Iqbal.

Setelah acara, Kapolda Riau beserta Ketua Bhayangkari Daerah Riau, Ny Nindya Iqbal, memberikan bantuan dan bingkisan kepada pondok pesantren Darul Fikri. Pertemuan tersebut ditutup dengan peninjauan pembangunan masjid di Pondok Pesantren Darul Fikri Selatpanjang. ***

Editor: Fahrul Rozi/Penulis: Yusri

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *